KISI - KISI SOAL UJIAN MTS
MATA PELAJARAN PKn
TAHUN 2015 /
2016
No
|
Standar
Komptensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Kls/Smt
|
No.
Soal
|
|
1
|
1.
Menampilkan sikap positif
terhadap perlindungan dan penegakan
HAM
|
3.1 Menguraikan hakekat
hukum
dan kelebangaan HAM.
3.2
Mendiskripsikan kasus
pelangaran dan upaya
penegakan HAM
|
Ø Pengertian
HAM
Ø Menyebutkan
berbagai instrument
Ø Kasus
– kasus pelangaran HAM
Ø Cara
– cara penanganan pelangaran HAM
|
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian HAM.
ü Siswa
dapat menentukan instrument HAM yang di keluarkan oleh PBB.
ü Siswa
dapat menunjukan contoh kasus pelanggaran HAM berat.
ü Siswa
dapat menunjukan lembaga yang berwenang menuntut kasus pelangaran HAM dalam
pengadilan.
|
VII
|
1
2
3, 4
5
|
|
2
|
2.
Menampilkan perilaku
kemerdekaan , mengemukan pendpat.
|
4.2 Menguraikan pentingnya kkemerdekaan
mengemukan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan
pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
|
Ø Pentingnya
kemerdekaan mengemukakan pendapat
Ø Landasan
hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat di Indonesia
Ø Cara
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
|
ü Siswa
dapat menjelaskan arti penting mengemukakan pendapat
ü Siswa
dapat menunjukan landasan hukum kemerdekaan mengemukan pendapat dalam UUD
1945.
ü Siswa
dapat menyebutkan contoh cara mengemukan pendapat secara bebas dan
bertanggungjawab.
|
VII
|
6, 7
8, 9, 10
|
|
3
|
3.
Menampilkan perilaku yang
sesuai dengan
nilai
– nilai Pancasila.
|
5.1 Menjelaskan pancasila sebagai dasar Negara
dan idiolagi Negara.
5.3 Menunjukan Sikap positif terhadap
pancasila terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Ø Pentingnya
idiologi suatu bangsa dan Negara
Ø Sikap
positif terhadap sila – sila pacasila
|
ü Siswa
dapat menjelaskan makna pancasila sebagai dasar NegaraIndonesia.
ü Siswa
dapat menunjukan waktu pengesahan pancasila sebagai dasar Negara .
ü Siwa
dapat menyebutkan contoh pelaksanaan sila ke- 1
|
VIII
|
11, 14
12
13
|
|
4
|
4.
Memahami berbagai konstitusi
yang pernah berlaku di Indonesia
|
6.1 Menjelaskan berbagai konstitusi yang
pernah berlaku di Indonesia
6.2 Menganalisa penyimpangan konstitusi yang
pernah berlaku di Indonesia
|
Ø Berbagai
konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Ø Penyimpangan
terhadap Konstitusi
|
ü Siswa
dapat menjelaskan saat berlakunya UUD RIS 1949
ü Siswa
dapat menyebutkan contoh penyimpangan terjadi pada masa orde lama.
|
VIII
|
15, 16
17
|
|
5
|
5.
Menampilkan Ketaatan terhadap
peraturan perundang – undangan Nasional.
|
7.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan
perundang – undangan Nasional.
7.4 mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia.
|
Ø Tata
urutan peraturan perundang – undangan nasional.
Ø Koprupsi
dan upaya pemberantasan korupsi di indonsia.
Ø Contoh
tindakan KKN
|
ü Siswa dapat menyebutkan tata urutan peraturan
perundang – undangan
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian Nepotisme
ü Siswa dapat menyebutkan Undang – undang pemberantasan
KKN
ü Siswa
dapat menyebutkan contoh Nepotisme.
|
VIII
|
22
|
|
6
|
8. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam
berbagai aspek kehidupan
|
8.1
Mejelaskan hakekat demokrasi
8.2
Menjelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa
bernegara.
|
Ø Menjelaskan
pengertian Demokrasi.
Ø
Ø Hakekat
Demokrasi
Ø Arti
Pentingnya kehidupan demokrasi
Ø Praktek
– praktek demokrasi dalam kehidupan
politik.
|
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian demokrasi menurut Carol C. Gould
ü Siswa
dapat menyebutkan cirri pokok Negara demokrasi.
ü Siswa
dapat menujukan contoh perilaku demokrasi dalam kehidupan lingkungan kelas.
ü Siswa
dapat menetukan 3 dari 5 pernyataan tentang syarat untuk menggunakan hak pilih pasif.
|
VIII
|
19, 20
21,
|
|
7
|
9. Memahami kedaulatan rakyat dan system
pemerintahan Indonesia
|
9.1
Menjelaskan Makna kedaulatan rakyat
|
Ø Makna
Kedaulatan Rakyat
|
ü Siswa
dapat menyebutkan sifat – sifat kedaulatan.
|
VIII
|
22, 23, 24, 25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
10. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
|
10.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan Negara
10.2 Mengidentifikasi bentuk -
bentuk pembelaan Negara.
10.3
Menampilkan peranserta dalam usaha pembelaan
Negara.
|
Ø Menguraikan
unsur – unsur Negara
Ø Menentukan
fungsi Negara
Ø Menunjukan
hak – hak dan kewajiban Negara
Ø Bentuka
– bentuk pembelaan Negara
Ø Peranserta
dalam usaha pembelaan Negara.
|
ü Siswa
dapat menentukan pengertian pengakuan berdirinya Negara secara de Jure.
ü Siswa
dapat menyebutkan unsur berdirinya Negara menurut unsur Deklaratif.
ü Siswa
dapat menentukan 3 dari 5 pernyataan pembagian fungsi Negara menurut Trias Politika.
ü Siswa
dapat menunjukan pasal UUD 1945 yang mengatur hak dan kewajiban rakyat dalam
bela Negara.
ü Siswa
dapat menentukan UU tentang Kepolisian
Negara
ü Siswa
dapat menunjukan salah satu Contoh
bentuk pembelaan Negara.
ü Siswa
dapat memberikan contoh sikap bela negara
|
IX
|
31
26, 27, 28, 29, 30
|
|
9
|
11. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah
|
11.1
Mendeskripsikan pengertian Otonomi daerah
11.2
Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan
public di daerah.
|
Ø Pengertian
Otonomi daerah
Ø Asas
Otonomi Daerah
Ø Menemukan
rumusan tujuan pembentukan Otonomi daerah.
Ø Partisipasi Masyarakat dalam perumusan kebijaksanaan
publik di daerah .
Ø Macam
– macam kebijak publik.
|
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian Otonomi daerah menurut Undang-undang Indonesia
ü Siswa
dapat menyebutkan dasar hukum penyelengaraan
Otonomi daerah .
ü Siswa
dapat menjelaskan Asas Otonomi daerah
ü Siswa
dapat menentukan tujuan otonomi daerah .
ü Siswa
dapat menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat terhadap kebijakan publik.
ü Siswa
dapat memberikan contoh kebijakan
redistributive
|
IX
|
32, 34, 35,
36
33
37
|
|
10
|
12.
Memahami dampak global isasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara.
|
12.1 Menjelskan pengertian dan pentingnya
globalisasi bagi bangsa Indonesia.
12.2 Mendiskripsikan politik luar negeri dalam
hubungan internasional di era global.
12.4 menentukan sikap terhadap dampak globalisasi.
|
Ø Pengertian
dan pentingnya globalisasi.
Ø Pengaruh
globalisasi bagi kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Ø Politik
Luar negeri
Ø Sikap
terhadap dampak globalisasi
|
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian globalisasi
ü Siswa
dapat menunjukan tanda globalisasi
ü Siswa
dapat menunjukan pengaruh globalisasi di bidang Ekonomi
ü Siswa
dapat menentukan dampak positif
globalisasi
ü Siwa
dapat menjelaskan arti politik luar negeri yang aktif.
ü Siswa
dapat menunjukan contoh peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia
ü Siswa
dapat menyebutkan sikap dalam mengahadapi globalisasi
|
IX
|
38, 39
40
41, 42
43, 44
|
|
11
|
13.Menampilkan
prestasi diri sesuai kemapuan
|
13.1 Menjelaskan Pentingnya prestasi diri bagi
keunggulan bangsa
13.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi
sesuai kemampuan
13.3 Menampilakan
peranserta dalam berbagai
aktifitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan.
|
Ø Arti penting prestasi
Ø Mengenal
potensi
Ø Peranserta
untuk mewujudkan prestasi diri
|
ü Siswa
dapat menjelaskan pengertian prestasi
ü Siswa
dapat menunjukan macam – macam
prestasi diri
ü Siswa
dapat menentukan Potensi diri yang
perlu di kembangkan bagi para siswa.
|
IX
|
45
46, 47
48, 49, 50
|
|
Maumbawa,
17 Februari 2016
Ardian Abdullah,A.Ma
Guru MaPel
YAYASAN PENDDIKAN NURUSSA’ADAH
MTS SWASTA DARUSSALAM MAUMBAWA
SOAL UJIAN
TAHUN PELAJARAN
2015/2016

I. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR DARI A, B,
C, ATAU D DAN KERJAKAN PADA
LEMBAR JAWABAN !
1. Yang
dimaksud hak asasi manusia adalah
….
a.
Hak untuk memeluk agama
b.
Hak yang dimiliki manusia untuk hidup
c.
Hak yang dimiliki manusia untuk mengeluarkan
pendapat di muka umum
d.
Hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir
sebagai anugrah dari Tuhan YME
2. Menuntut
pelaksanaan hak asasi manusia secara mutlak berarti ....
a.
Memperjuangkan hak asasi pribadi
b.
Menegakkan hak asasi manusia seutuhnya
c.
Mengacuhkan hak asasi yang dimiliki orang lain
d.
Menjunjung tinggi hak pelaksanaan hak asasi
manusia
|
3. Pernyataan
yang menunjukkan bahwa setiap manusia mempunyai hak atas kemerdekaan, merdeka
dari segala penindasan dan penjajahan, terkandung dalam pembukaan UUD 1945
alinea ....
a.
Pertama
|
b.
Kedua
|
c.
Ketiga
|
d.
Keempat
|
4. Hak untuk
hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya dimiliki oleh setiap
warga negara. Hal ini diatur dalam UUD 1945 pasal ....
a.
28 A
|
b.
28 B
|
c.
28 C
|
d.
28 D
|
5. Penjualan
anak-anak di kota besar merupakan contoh pelanggaran hak untuk ....
a.
Hidup
b.
Kebebasan pribadi
|
c.
Memperoleh keadilan
d.
Memperoleh perlindungan dan penculikan
perdagangan anak
|
6. Kebebasan
yang terkandung dalam pasal 28 UUD 1945 mengandung makna bahwa kebebasan ....
a.
Dibatasi oleh kebebasan orang lain
b.
Harus dapat dipertanggung jawabkan
|
c.
Bersifat mutlak dan seluas-luasnya
d.
Berarti bebas tanpa diatur oleh aturan tertentu.
|
7. Dalam The
Four Freedom, kebebasan mengemukakan pendapat dinyatakan sebagai freedom ....
a.
From fear
|
b.
Of speech
|
c.
From wont
|
d.
Of relegion
|
8. Tujuan
kemerdekaan mengemukakan pendapat, antara lain untuk ....
a.
Mewujudkan iklim yang kondusif
b.
Mewujudkan kebebasan yang mutlak
|
c.
Menempatkan tanggung jawab pribadi
d.
Memberikan perlindungan kepada pejabat
|
9. Hak warga
negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum adalah ....
a.
Dikendalikan oleh negara
b.
Mengeluarkan pikiran secara terbatas
|
c.
Mengutamakan kepentingan diri sendiri
d.
Memperoleh jaminan dan perlindungan hukum
|
10. Kegiatan
penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan secara bebas dan terbuka tanpa
tema tertentu disebut ....
a.
Pawai
|
b.
Demonstrasi
|
c.
Mimbar besar
|
d.
Rapat terbuka
|
11. Ideologi Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri
dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya. Pernyataan ini
menunjukkan bahwa pancasila adalah ideologi ....
a.
Statis
|
b.
Nasional
|
c.
Terbuka
|
d.
Tertutup
|
12. Rumusan
pancasila yang sah dan resmi tercantum dalam ....
a.
Piagam Jakarta
b.
Dokumen resmi negara
|
c.
Batang tubuh UUD 1945
d.
Pembukaan resmi UUD 1945
|
13. Pancasila
menjadi norma pokok dasar negara atau kaidah yang fundamental, maksudnya ....
a.
Kaidah yang berlaku untuk selama-lamanya
b.
Aturan pokok untuk menjalankan kedaulatan rakyat
c.
Menjadi aturan dasar kemasyarakatan secara turun
menurun
d.
Aturan pokok untuk mengatur kehidupan bagi setiap
warga negara Indonesia dan lembaga-lembaga negara.
14. Pancasila
merupakan dasar negara Indonesia sangat tepat, sebab ....
a.
Mengandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
b.
Merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia
c.
Menjadi kesepakatan bangsa Indonesia sejak dulu
d.
Merupakan cerminan nilai, ide, dan cita-cita
bangsa indonesia
|
15. Pada periode
27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950 konstitusi yang digunakan di wilayah
indonesia .....
a.
UUDS
|
b.
UUD 1945
|
c.
Konstitusi RIS
|
d.
UUD Proklamasi
|
16. Bentuk
negara Indonesia saat menggunakan konstitusi RIS adalah ....
a.
Kesatuan
|
b.
Komumis
|
c.
Federal
|
d.
Liberal
|
17. Pada masa
1945 -1949 terjadi penyimpangan konstitusi, bentuk penyimpangannya adalah ....
a.
Penerapan demokrasi terpimpin
b.
Penerapan demokrasi pancasila
c.
Menetapkan kekuasaan presiden tidak terbatas
d.
Mengubah sistem kabinet presidensial diganti
kabinet parlementer
18. Gagasan atau
pandangan bahwa pemerintah haruslah berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk
rakyat merupakan pengertian dari ....
a.
Demokrasi
|
b.
Kekuasaan
|
c.
Kedaulatan
|
d.
Pemerintahan
|
19. Demokrasi
untuk pertama kali diterapkan di kota ....
a.
Roma
|
b.
Paris
|
c.
Athena
|
d.
Madrid
|
20. Demokrasi
perwakilan disebut juga demokrasi ....
a.
Pancasila
|
b.
Presidensil
|
c.
Langsung
|
d.
Tidak langsung
|
21. Asas pokok
demokrasi pancasila adalah asas ....
a.
Kerakyatan dan persamaan
b.
Persamaan dan supremasi hukum
|
c.
Kerakyatan dan musyawarah mufakat
d.
Supremasi hukum dan musayawarah mufakat
|
22. Negara
indonesia menganut kedaultan rakyat hal ini ditegaskan
dalam pasal ....
a.
1 Ayat 2 UUD 1945
b.
27 Ayat 1 UUD 1945
|
c.
28 Ayat 1 UUD 1945
d.
30 Ayat 1 UUD 1945
|
23. Kedaulatan
rakyat artinya kekuasaan tertinggi ada ditangan ....
a.
MPR
|
b.
DPR
|
c.
Presiden
|
d.
Rakyat
|
24. Di bawah ini
yang tidak termasuk sifat kedaulatan adalah ....
a.
Asli
|
b.
Dinamis
|
c.
Permanen
|
d.
Tidak terbatas
|
25. Sifat
kedaulatan antara lain tidak terbagi-bagi, artinya kedaulatan itu ....
a.
Tidak dibatasi oleh siapapun
b.
Tidak ada selama negara masih tetap berdiri
c.
Tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih
tinggi
d.
Merupakan satu-satunya kekuasaan yang tertinggi
dalam suatu negara.
26. Kewajiban
bela negara dijelaskan dalam UUD 1945 pasal ....
a.
27 Ayat 1
|
b.
27 Ayat 3
|
c.
28 Ayat 1
|
d.
28 Ayat 2
|
27. Bela negara
yang diperjuangkan dengan harta dan nyawa, merupakan perjuangan bela negara
karena alasan ....
a.
Filosofi
|
b.
Historis
|
c.
Psikologi
|
d.
Harga diri bangsa
|
28. Usaha bela
negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dilandasi dan dijiwai
dengan ....
a.
Cinta akan negara
b.
Keinginan untuk dipuji
|
c.
Sikap untuk merdeka
d.
Keinginan untuk dikenang
|
29. Seorang
pelajar dapat ikut melakukan bela negara, yaitu dengan cara ....
a.
Bekerja mencari uang
b.
Menonton film kemerdekaan
|
c.
Belajar dengan giat dan tekun
d.
Membaca buku tentang kepahlawanan
|
30. Pendidikan
kewarganegaraan yang diajarkan disekolah sangat berguna bagi pembinaan ....
a.
Keadilan nasional
b.
Ketahanan nasional
|
c.
Kebudayaan nasional
d.
Kesejahteraan nasional
|
31. Kekuatan
pendukung dalam sistem pertahanan dan keamanan adalah ....
a.
TNI
b.
POLRI
|
c.
Seluruh warga negara
d.
Pemerintah dan rakyat
|
32. Pada
dasarnya otonomi daerah mencakup hal-hal ....
a.
Pemberian kekayaan dan penyerahan kekuasaan
b.
Penyerahan pemerintahan dan pemberian kewenangan
c.
Pemberian kewenangan dan pemberian tanggung jawab
d.
Penyerahan kekuasaan dan pemberian tanggung jawab
33. Penyelenggaraan
seluruh urusan pemerintahan didaerah yang masih menjadi wewenang dan tanggung jawab pemerintah pusat atas dasar asas dekonsentrasi
merupakan sistem kerja dari asas ....
a.
Desentralisasi
|
b.
Dekonsentrasi
|
c.
Desintegrasi
|
d.
Tugas pembantuan
|
34. Dampat yang
ditimbulkan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan bersifat lokal, maka
urusan pemerintahannya menjadi kewenangan ....
a.
Pemerintah pusat
|
b.
Provinsi
|
c.
Kabupaten
|
d.
Desa
|
35. Otonomi
berasal dari kata AUTO dan NAMAUS. Arti kata AUTO adalah ....
a.
Urusan
|
b.
Sendiri
|
c.
Peraturan
|
d.
Bersama
|
36. Otonomi
daerah sebagaimana disebutkan dalam prinsip bertanggung jawab bertujuan ....
a.
Menciptakan kemandirian daerah
b.
Menciptakan kesejahteraan rakyat
|
c.
Menopang perekonomian pemerintah pusat
d.
Menyelenggarakan pemerintah yang bersih
|
37. Gubernur,
Bupati, atau Wali Kota dan perangkat yang ada di jajarannya atau di bawahnya
sebagai unsur penyelenggara pemerintahan disebut juga dengan pemerintah ....
a.
Pusat
|
b.
Provinsi
|
c.
Daerah
|
d.
Otonomi
|
38. Globalisasi
diambil dari kata “GLOBAL” yang berarti ....
a.
Umum
|
b.
Kolonial
|
c.
Universal
|
d.
Menyeluruh
|
39. Salah satu
pengaruh positif yang ditimbulkan oleh globalisasi pada saat ini, yang
menyebabkan globalisasi diterima masyarakat adalah ....
a.
Memberikan kebebasan yang terbatas
b.
Semakin mempercepat kemajuan bangsa
c.
Makin memudahkan negara maju untuk menguasai
negara berkembang
d.
Memungkinkan penindasan negara maju terhadap
negara berkembang
40. Dalam bisnis
atau praktik perdagangan, globalisasi bermakna ....
a.
Akulturasi nilai budaya
b.
Penyebaran kapitalisme
|
c.
Hubungan bisnis antar negara
d.
Pemasaran atau strategi korporasi
|
41. Politik luar
negeri Indonesia adalah ....
a.
Bebas aktif
b.
Bebas pasif
|
c.
Terikat aktif
d.
Bebas sebebas-bebasnya
|
42. Hubungan
kerjasama dan persahabatan antar negara sangat diperlukan sebab ....
a.
Kewajiban bagi setiap negara yang menjadi anggota
PBB
b.
Adanya kondisi yang berbeda-beda satu dengan yang
lainnya
c.
Mendapat pengakuan keberadaan suatu negara oleh
dunia
d.
Setiap negara merupakan bagian dari masyarakat
internasional
43. Salah satu
contoh pengaruhh globalisasi yang menyentuh aspek pertahanan dan keamanan dan
keutuhan negara adalah ....
a.
Masuknya buah impor
b.
Banyaknya pakaian impor
|
c.
Lepasnya timur-timur dari indonesia
d.
Masuknya investasi dari luar negeri
|
44. Salah satu
dampak negatif globalisasi dibidang sosial budaya, yaitu ....
a.
Paham ideologi liberal
b.
Mengucurnya bantuan kemanusiaan
|
c.
Masuknya berbagai budaya asing
d.
Adanya berbagai sekolah internasional
|
45. Hasil yang
optimal, bersifat positif, dan memuaskan yang telah tercapai oleh seseorang
dari apa yang telah dilakukan, merupakan pengertian dari ....
a.
Keunggulan diri
|
b.
Prestasi diri
|
c.
Kecerdasan
|
d.
Cita-cita
|
46. Manfaat
prestasi diri bagi bangsa dan negara adalah ....
a.
Lebih banyak menarik wisatawan mancanegara yang
berkunjung ke indonesia
b.
Banyak investor asing menanamkan modal di
indonesia
c.
Meningkatkan harkat, derajat, dan martabat bangsa
indonesia
d.
Meningkatkan pendapatan perkapita
47. Seseorang
yang berprestasi akan di akui .... dalam kehidupan masyarakat.
a.
Ketangguhannya
|
b.
Kesenangannya
|
c.
Keunggulannya
|
d.
Eksestensinya
|
48. Salah satu
macam kecerdasan, dimana seseorang memiliki kecenderungan melakukan aktifitas
secara mandiri dan pada saat itu pula ia akan memperoleh hasil yang maksimal,
merupakan definisi dari kecerdasan ....
a.
Kinetis
|
b.
Linguistik
|
c.
Intrapersonal
|
d.
Interpersonal
|
49. Kemampuan
untuk menemukan cara baru dalam hal tertentu, dinamakan ....
a.
Inovatif
|
b.
Kreatif
|
c.
Edukatif
|
d.
Apresiatif
|
50. Kemampuan
yang dimiliki seseorang tetapi belum dipergunakan secara maksimal adalah
pengertian dari ....
a.
Potensi diri
|
b.
Nafsu terpendam
|
c.
Kecerdasan kurang
|
d.
Kemauan terpendam
|
KUNCI JAWABAN
MAPEL : PKn
TAPEL 2015 / 2016
1.
D
2.
B
3.
A
4.
A
5.
B
6.
B
7.
B
8.
C
9.
D
10.
D
11.
C
12.
D
13.
C
14.
D
15.
C
16.
D
17.
C
18.
A
19.
C
20.
D
21.
B
22.
A
23.
D
24.
B
25.
D
|
26.
B
27.
C
28.
A
29.
C
30.
C
31.
A
32.
C
33.
A
34.
C
35.
B
36.
B
37.
B
38.
D
39.
B
40.
B
41.
A
42.
D
43.
D
44.
C
45.
B
46.
C
47.
D
48.
D
49.
A
50.
A
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar