Selasa, 01 Maret 2016

Kisi kisi soal PKn semester Genap Kelas 9

KISI - KISI  SOAL  UJIAN MTS
MATA PELAJARAN  PKn
TAHUN 2015 / 2016
No
Standar Komptensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kls/Smt
No. Soal
1
1.    Menampilkan sikap positif terhadap  perlindungan dan penegakan HAM
3.1 Menguraikan hakekat hukum    
      dan kelebangaan HAM.



3.2  Mendiskripsikan  kasus
       pelangaran dan upaya  
       penegakan HAM

Ø Pengertian HAM
Ø Menyebutkan berbagai instrument


Ø Kasus – kasus pelangaran HAM
Ø Cara – cara penanganan pelangaran HAM 
ü Siswa dapat menjelaskan pengertian HAM.
ü Siswa dapat menentukan instrument HAM yang di keluarkan oleh PBB.
ü Siswa dapat menunjukan contoh kasus pelanggaran HAM berat.
ü Siswa dapat menunjukan lembaga yang berwenang menuntut kasus pelangaran HAM dalam pengadilan. 
VII
1

2


3, 4


5
2
2.    Menampilkan perilaku kemerdekaan , mengemukan pendpat.


4.2  Menguraikan pentingnya kkemerdekaan mengemukan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
4.3     Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
Ø Pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat
Ø Landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat di Indonesia
Ø Cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
ü Siswa dapat menjelaskan arti penting mengemukakan pendapat
ü Siswa dapat menunjukan landasan hukum kemerdekaan mengemukan pendapat dalam UUD 1945.
ü Siswa dapat menyebutkan contoh cara mengemukan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
VII
6, 7


8, 9, 10
3
3.    Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai – nilai Pancasila. 
5.1   Menjelaskan pancasila sebagai dasar Negara dan idiolagi Negara.

5.3   Menunjukan Sikap positif terhadap pancasila terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ø Pentingnya idiologi suatu bangsa dan Negara

Ø Sikap positif terhadap sila – sila pacasila
ü Siswa dapat menjelaskan makna pancasila sebagai dasar NegaraIndonesia.
ü Siswa dapat menunjukan waktu pengesahan pancasila sebagai dasar Negara .
ü Siwa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan sila ke- 1
VIII
11, 14

12


13
4
4.    Memahami berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia

6.1    Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
6.2    Menganalisa penyimpangan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Ø Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Ø Penyimpangan terhadap Konstitusi
ü Siswa dapat menjelaskan saat berlakunya UUD RIS 1949
ü Siswa dapat menyebutkan contoh penyimpangan terjadi pada masa orde lama.
VIII
15, 16
17
5
5.    Menampilkan Ketaatan terhadap peraturan perundang – undangan Nasional.

7.1    Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang – undangan Nasional.
7.4    mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Ø Tata urutan peraturan perundang – undangan nasional.
Ø Koprupsi dan upaya pemberantasan korupsi di indonsia.

Ø Contoh tindakan KKN
ü Siswa  dapat menyebutkan tata urutan peraturan perundang – undangan
ü Siswa dapat menjelaskan pengertian Nepotisme
ü Siswa  dapat menyebutkan Undang – undang pemberantasan KKN
ü Siswa dapat menyebutkan contoh Nepotisme.  
VIII
22
6
8.  Memahami pelaksanaan demokrasi  dalam  berbagai aspek kehidupan
8.1 Mejelaskan  hakekat demokrasi


8.2 Menjelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara.  
Ø Menjelaskan pengertian Demokrasi.
Ø  
Ø Hakekat Demokrasi

Ø Arti Pentingnya kehidupan demokrasi

Ø Praktek – praktek demokrasi dalam kehidupan  politik.
ü Siswa dapat menjelaskan pengertian demokrasi menurut Carol C. Gould
ü Siswa dapat menyebutkan cirri pokok Negara demokrasi.
ü Siswa dapat menujukan contoh perilaku demokrasi dalam kehidupan lingkungan kelas.
ü Siswa dapat menetukan 3 dari 5 pernyataan tentang syarat untuk menggunakan  hak pilih pasif.

VIII



19, 20

21,
7
9.   Memahami kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia 
9.1 Menjelaskan Makna kedaulatan rakyat
Ø Makna Kedaulatan Rakyat
ü Siswa dapat menyebutkan sifat – sifat kedaulatan.
VIII
22, 23, 24, 25







8
10. Menampilkan  partisipasi dalam  usaha pembelaan  negara.
10.1 Menjelaskan  pentingnya usaha pembelaan  Negara











10.2 Mengidentifikasi bentuk - bentuk  pembelaan Negara.



10.3 Menampilkan peranserta dalam usaha pembelaan  Negara. 
Ø Menguraikan unsur – unsur Negara





Ø Menentukan fungsi Negara


Ø Menunjukan hak – hak dan kewajiban Negara

Ø Bentuka – bentuk pembelaan Negara



Ø Peranserta dalam usaha pembelaan Negara. 
ü Siswa dapat menentukan pengertian pengakuan berdirinya Negara secara de Jure.
ü Siswa dapat menyebutkan unsur berdirinya Negara menurut unsur Deklaratif.
ü Siswa dapat menentukan 3 dari 5 pernyataan pembagian fungsi Negara menurut  Trias Politika.
ü Siswa dapat menunjukan pasal UUD 1945 yang mengatur hak dan kewajiban rakyat dalam bela Negara.
ü Siswa dapat menentukan UU  tentang Kepolisian Negara
ü Siswa dapat menunjukan salah satu  Contoh bentuk  pembelaan Negara.
ü Siswa dapat memberikan contoh sikap bela negara
IX













31


26, 27, 28, 29, 30

9
11. Memahami pelaksanaan  Otonomi daerah





11.1 Mendeskripsikan pengertian Otonomi daerah









11.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan public di daerah.
Ø Pengertian Otonomi daerah






Ø Asas Otonomi Daerah
Ø Menemukan rumusan tujuan pembentukan Otonomi daerah.
Ø Partisipasi  Masyarakat dalam perumusan kebijaksanaan publik di daerah .
Ø Macam – macam kebijak publik.
ü Siswa dapat menjelaskan pengertian Otonomi daerah menurut Undang-undang Indonesia
ü Siswa dapat menyebutkan dasar hukum penyelengaraan  Otonomi daerah .
ü Siswa dapat menjelaskan Asas Otonomi daerah
ü Siswa dapat menentukan tujuan otonomi daerah .
ü Siswa dapat menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat terhadap kebijakan  publik.
ü Siswa dapat memberikan contoh kebijakan  redistributive
IX

32,  34, 35, 36



33




37

10
12. Memahami dampak global isasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
12.1 Menjelskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia. 


12.2 Mendiskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global.





12.4 menentukan sikap terhadap dampak globalisasi.
Ø Pengertian dan pentingnya globalisasi.
Ø Pengaruh globalisasi  bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara



Ø Politik Luar  negeri




Ø Sikap terhadap dampak globalisasi
ü Siswa dapat menjelaskan pengertian globalisasi
ü Siswa dapat menunjukan tanda globalisasi
ü Siswa dapat menunjukan pengaruh globalisasi di bidang Ekonomi
ü Siswa dapat menentukan dampak positif  globalisasi
ü Siwa dapat menjelaskan arti politik luar negeri yang aktif.
ü Siswa dapat menunjukan contoh peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia
ü Siswa dapat menyebutkan sikap dalam mengahadapi globalisasi
IX

38, 39


40




41, 42



43, 44

11
13.Menampilkan prestasi diri sesuai kemapuan
13.1 Menjelaskan Pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

13.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan

13.3 Menampilakan  peranserta  dalam berbagai aktifitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan.
Ø Arti  penting prestasi


Ø Mengenal potensi


Ø Peranserta untuk mewujudkan prestasi diri

ü Siswa dapat menjelaskan pengertian prestasi

ü Siswa dapat menunjukan macam – macam  prestasi diri


ü Siswa dapat menentukan Potensi  diri yang perlu di kembangkan  bagi  para siswa.
IX
45


46, 47

48, 49, 50


                                 Maumbawa, 17 Februari 2016

        Ardian Abdullah,A.Ma
Guru MaPel














YAYASAN PENDDIKAN NURUSSA’ADAH
MTS SWASTA DARUSSALAM MAUMBAWA
SOAL UJIAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Rounded Rectangle: Mata Pelajaran	:  PKn 	 



I.  PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR DARI A, B, C, ATAU D DAN KERJAKAN PADA
    LEMBAR JAWABAN !
1.      Yang dimaksud hak asasi manusia adalah ….
a.       Hak untuk memeluk agama
b.      Hak yang dimiliki manusia untuk hidup
c.       Hak yang dimiliki manusia untuk mengeluarkan pendapat di muka umum
d.      Hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir sebagai anugrah dari Tuhan YME
2.      Menuntut pelaksanaan hak asasi manusia secara mutlak berarti ....
a.     Memperjuangkan hak asasi pribadi
b.     Menegakkan hak asasi manusia seutuhnya
c.      Mengacuhkan hak asasi yang dimiliki orang lain
d.     Menjunjung tinggi hak pelaksanaan hak asasi manusia
3.      Pernyataan yang menunjukkan bahwa setiap manusia mempunyai hak atas kemerdekaan, merdeka dari segala penindasan dan penjajahan, terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea ....
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat
4.      Hak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya dimiliki oleh setiap warga negara. Hal ini diatur dalam UUD 1945 pasal ....
a.       28 A
b.      28 B
c.       28 C
d.      28 D
5.      Penjualan anak-anak di kota besar merupakan contoh pelanggaran hak untuk ....
a.       Hidup
b.      Kebebasan pribadi
c.       Memperoleh keadilan
d.      Memperoleh perlindungan dan penculikan perdagangan anak
6.      Kebebasan yang terkandung dalam pasal 28 UUD 1945 mengandung makna bahwa kebebasan ....
a.       Dibatasi oleh kebebasan orang lain
b.      Harus dapat dipertanggung jawabkan
c.       Bersifat mutlak dan seluas-luasnya
d.      Berarti bebas tanpa diatur oleh aturan tertentu.
7.      Dalam The Four Freedom, kebebasan mengemukakan pendapat dinyatakan sebagai freedom ....
a.       From fear
b.      Of speech
c.       From wont
d.      Of relegion
8.      Tujuan kemerdekaan mengemukakan pendapat, antara lain untuk ....
a.       Mewujudkan iklim yang kondusif
b.      Mewujudkan kebebasan yang mutlak
c.       Menempatkan tanggung jawab pribadi
d.      Memberikan perlindungan kepada pejabat
9.      Hak warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum adalah ....
a.       Dikendalikan oleh negara
b.      Mengeluarkan pikiran secara  terbatas
c.    Mengutamakan kepentingan diri sendiri
d.   Memperoleh jaminan dan perlindungan hukum
10.  Kegiatan penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan secara bebas dan terbuka tanpa tema tertentu disebut ....
a.       Pawai
b.      Demonstrasi
c.       Mimbar besar
d.      Rapat terbuka
11.  Ideologi Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya. Pernyataan ini menunjukkan bahwa pancasila adalah ideologi ....
a.       Statis
b.      Nasional
c.       Terbuka
d.      Tertutup
12.  Rumusan pancasila yang sah dan resmi tercantum dalam ....
a.       Piagam Jakarta
b.      Dokumen resmi negara
c.       Batang tubuh UUD 1945
d.      Pembukaan resmi UUD 1945
13.  Pancasila menjadi norma pokok dasar negara atau kaidah yang fundamental, maksudnya ....
a.     Kaidah yang berlaku untuk selama-lamanya
b.    Aturan pokok untuk menjalankan kedaulatan rakyat
c.     Menjadi aturan dasar kemasyarakatan secara turun menurun
d.    Aturan pokok untuk mengatur kehidupan bagi setiap warga negara Indonesia dan lembaga-lembaga negara.
14.  Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sangat tepat, sebab ....
a.     Mengandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
b.    Merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia
c.     Menjadi kesepakatan bangsa Indonesia sejak dulu
d.    Merupakan cerminan nilai, ide, dan cita-cita bangsa indonesia
15.  Pada periode 27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950 konstitusi yang digunakan di wilayah indonesia .....
a.       UUDS
b.      UUD 1945
c.       Konstitusi RIS
d.      UUD Proklamasi
16.  Bentuk negara Indonesia saat menggunakan konstitusi RIS adalah ....
a.       Kesatuan
b.      Komumis
c.       Federal
d.      Liberal
17.  Pada masa 1945 -1949 terjadi penyimpangan konstitusi, bentuk penyimpangannya adalah ....
a.       Penerapan demokrasi terpimpin
b.      Penerapan demokrasi pancasila
c.       Menetapkan kekuasaan presiden tidak terbatas
d.      Mengubah sistem kabinet presidensial diganti kabinet parlementer
18.  Gagasan atau pandangan bahwa pemerintah haruslah berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat merupakan pengertian dari ....
a.       Demokrasi
b.      Kekuasaan
c.       Kedaulatan
d.      Pemerintahan
19.  Demokrasi untuk pertama kali diterapkan di kota ....
a.       Roma
b.      Paris
c.       Athena
d.      Madrid
20.  Demokrasi perwakilan disebut juga demokrasi ....
a.       Pancasila
b.      Presidensil
c.       Langsung
d.      Tidak langsung
21.  Asas pokok demokrasi pancasila adalah asas ....
a.       Kerakyatan dan persamaan
b.      Persamaan dan supremasi hukum
c.       Kerakyatan dan musyawarah mufakat
d.      Supremasi hukum dan musayawarah mufakat
22.  Negara indonesia menganut kedaultan rakyat hal ini ditegaskan dalam pasal ....
a.  1 Ayat 2 UUD 1945
b.  27 Ayat 1 UUD 1945
c.   28 Ayat 1 UUD 1945
d.  30 Ayat 1 UUD 1945
23.  Kedaulatan rakyat artinya kekuasaan tertinggi ada ditangan ....
a.       MPR
b.      DPR
c.       Presiden
d.      Rakyat
24.  Di bawah ini yang tidak termasuk sifat kedaulatan adalah ....
a.       Asli
b.      Dinamis
c.       Permanen
d.      Tidak terbatas
25.  Sifat kedaulatan antara lain tidak terbagi-bagi, artinya kedaulatan itu ....
a.     Tidak dibatasi oleh siapapun
b.    Tidak ada selama negara masih tetap berdiri
c.     Tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi
d.    Merupakan satu-satunya kekuasaan yang tertinggi dalam suatu negara.
26.  Kewajiban bela negara dijelaskan dalam UUD 1945 pasal ....
a.       27 Ayat 1
b.      27 Ayat 3
c.       28 Ayat 1
d.      28 Ayat 2
27.  Bela negara yang diperjuangkan dengan harta dan nyawa, merupakan perjuangan bela negara karena alasan ....
a.       Filosofi
b.      Historis
c.       Psikologi
d.      Harga diri bangsa
28.  Usaha bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dilandasi dan dijiwai dengan ....
a.       Cinta akan negara
b.      Keinginan untuk dipuji
c.       Sikap untuk merdeka
d.      Keinginan untuk dikenang
29.  Seorang pelajar dapat ikut melakukan bela negara, yaitu dengan cara ....
a.       Bekerja mencari uang
b.      Menonton film kemerdekaan
c.       Belajar dengan giat dan tekun
d.      Membaca buku tentang kepahlawanan
30.  Pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan disekolah sangat berguna bagi pembinaan ....
a.       Keadilan nasional
b.      Ketahanan nasional
c.   Kebudayaan nasional
d.  Kesejahteraan nasional
31.  Kekuatan pendukung dalam sistem pertahanan dan keamanan adalah ....
a.       TNI
b.      POLRI
c.       Seluruh warga negara
d.      Pemerintah dan rakyat
32.  Pada dasarnya otonomi daerah mencakup hal-hal ....
a.    Pemberian kekayaan dan penyerahan kekuasaan
b.    Penyerahan pemerintahan dan pemberian kewenangan
c.     Pemberian kewenangan dan pemberian tanggung jawab
d.    Penyerahan kekuasaan dan pemberian tanggung jawab
33.  Penyelenggaraan seluruh urusan pemerintahan didaerah yang masih menjadi wewenang dan tanggung jawab pemerintah pusat atas dasar asas dekonsentrasi merupakan sistem kerja dari asas ....
a.       Desentralisasi
b.      Dekonsentrasi
c.       Desintegrasi
d.      Tugas pembantuan
34.  Dampat yang ditimbulkan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan bersifat lokal, maka urusan pemerintahannya menjadi kewenangan ....
a.       Pemerintah pusat
b.      Provinsi
c.       Kabupaten
d.      Desa
35.  Otonomi berasal dari kata AUTO dan NAMAUS. Arti kata AUTO adalah ....
a.       Urusan
b.      Sendiri
c.       Peraturan
d.      Bersama
36.  Otonomi daerah sebagaimana disebutkan dalam prinsip bertanggung jawab bertujuan ....
a.       Menciptakan kemandirian daerah
b.      Menciptakan kesejahteraan rakyat
c.       Menopang perekonomian pemerintah pusat
d.      Menyelenggarakan pemerintah yang bersih

37.  Gubernur, Bupati, atau Wali Kota dan perangkat yang ada di jajarannya atau di bawahnya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan disebut juga dengan pemerintah ....
a.       Pusat
b.      Provinsi
c.       Daerah
d.      Otonomi
38.  Globalisasi diambil dari kata “GLOBAL” yang berarti ....
a.       Umum
b.      Kolonial
c.       Universal
d.      Menyeluruh
39.  Salah satu pengaruh positif yang ditimbulkan oleh globalisasi pada saat ini, yang menyebabkan globalisasi diterima masyarakat adalah ....
a.       Memberikan kebebasan yang terbatas
b.      Semakin mempercepat kemajuan bangsa
c.       Makin memudahkan negara maju untuk menguasai negara berkembang
d.      Memungkinkan penindasan negara maju terhadap negara berkembang
40.  Dalam bisnis atau praktik perdagangan, globalisasi bermakna ....
a.       Akulturasi nilai budaya
b.      Penyebaran kapitalisme
c.       Hubungan bisnis antar negara
d.      Pemasaran atau strategi korporasi
41.  Politik luar negeri Indonesia adalah ....
a.       Bebas aktif
b.      Bebas pasif
c.       Terikat aktif
d.      Bebas sebebas-bebasnya
42.  Hubungan kerjasama dan persahabatan antar negara sangat diperlukan sebab ....
a.     Kewajiban bagi setiap negara yang menjadi anggota PBB
b.    Adanya kondisi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya
c.     Mendapat pengakuan keberadaan suatu negara oleh dunia
d.    Setiap negara merupakan bagian dari masyarakat internasional
43.  Salah satu contoh pengaruhh globalisasi yang menyentuh aspek pertahanan dan keamanan dan keutuhan negara adalah ....
a.       Masuknya buah impor
b.      Banyaknya pakaian impor
c.       Lepasnya timur-timur dari indonesia
d.      Masuknya investasi dari luar negeri
44.  Salah satu dampak negatif globalisasi dibidang sosial budaya, yaitu ....
a.       Paham ideologi liberal
b.      Mengucurnya bantuan kemanusiaan
c.       Masuknya berbagai budaya asing
d.      Adanya berbagai sekolah internasional
45.  Hasil yang optimal, bersifat positif, dan memuaskan yang telah tercapai oleh seseorang dari apa yang telah dilakukan, merupakan pengertian dari ....
a.       Keunggulan diri
b.      Prestasi diri
c.       Kecerdasan
d.      Cita-cita
46.  Manfaat prestasi diri bagi bangsa dan negara adalah ....
a.     Lebih banyak menarik wisatawan mancanegara yang berkunjung ke indonesia
b.    Banyak investor asing menanamkan modal di indonesia
c.     Meningkatkan harkat, derajat, dan martabat bangsa indonesia
d.    Meningkatkan pendapatan perkapita
47.  Seseorang yang berprestasi akan di akui .... dalam kehidupan masyarakat.
a.       Ketangguhannya
b.      Kesenangannya
c.       Keunggulannya
d.      Eksestensinya
48.  Salah satu macam kecerdasan, dimana seseorang memiliki kecenderungan melakukan aktifitas secara mandiri dan pada saat itu pula ia akan memperoleh hasil yang maksimal, merupakan definisi dari kecerdasan ....
a.       Kinetis
b.      Linguistik
c.       Intrapersonal
d.      Interpersonal
49.  Kemampuan untuk menemukan cara baru dalam hal tertentu, dinamakan ....
a.       Inovatif
b.      Kreatif
c.       Edukatif
d.      Apresiatif
50.  Kemampuan yang dimiliki seseorang tetapi belum dipergunakan secara maksimal adalah pengertian dari ....
a.       Potensi diri
b.      Nafsu terpendam
c.     Kecerdasan kurang
d.  Kemauan terpendam















KUNCI JAWABAN

MAPEL : PKn
TAPEL 2015 / 2016

1.       D
2.       B
3.       A
4.       A
5.       B
6.       B
7.       B
8.       C
9.       D
10.   D
11.   C
12.   D
13.   C
14.   D
15.   C
16.   D
17.   C
18.   A
19.   C
20.   D
21.   B
22.   A
23.   D
24.   B
25.   D
26.   B
27.   C
28.   A
29.   C
30.   C
31.   A
32.   C
33.   A
34.   C
35.   B
36.   B
37.   B
38.   D
39.   B
40.   B
41.   A
42.   D
43.   D
44.   C
45.   B
46.   C
47.   D
48.   D
49.   A
50.   A



Tidak ada komentar: