RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Nama Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII/satu
Standar Kompetensi :
1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan
hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
·
menjelaskan pengertian norma,
kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun (
diligence ) Serta Jujur ( fairnes )
·
menjelaskan tujuan norma;
·
menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara;
·
menguraikan macam-macam norma.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
·
Pengertian norma, kebiasaan, adat
istiadat, dan peraturan.
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu
senantiasa
melakukan interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap
manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan
bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu
bertindak
sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka
masing-masing.
Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai
dan
norma yang berlaku di masyarakat.
·
Macam-macam norma.
Macam Norma - Norma Sopan Santun, Agama
& Hukum - Kebiasaan Yang Berlaku dalam Kehidupan Sehari-Hari
Berikut
di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat di
Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman dan pengatur dasar kehidupan
seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan kehidupan antara manusia yang
aman, tentram dan sejahtera.
1. Norma Sopan Santun
Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata
pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.
Contoh :
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil
2. Norma Agama
Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia
yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan nabi
berdasarkan atas agama atau kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu
hal yang pribadi yang tidak dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang
dasar '45 pasal 29.
Contoh :
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama
3. Norma Hukum
Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial
kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di
negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai,
tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.
Contoh :
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan,
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan
diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang
kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma,
kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (
diligence ), Jujur ( fairnes )
§ Mengadakan
kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat
dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) Serta Kewarganegaraan (
citizenship )
2). Elaborasi
§ Membagi
siswa dalam kelompok.
§ Meminta
siswa berpresentasi di depan kelas.
§ Meminta
tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§ Guru
mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.
Penutup
a.
Mengadakan post test.
b.
Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk
mempersiapkan materi selanjutnya.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
§ Guru
menjelaskan tujuan norma.
2). Elaborasi
§ Melakukan
kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
§ Meminta
siswa berpresentasi di depan kelas.
§ Meminta
tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§ Guru
mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.
Penutup
a. Mengadakan post test.
a. Mengadakan post test.
Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan norma di sekolah
untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.
3. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang tugas yang diberikan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara;menguraikan macam-macam norma.
2). Elaborasi
§ Mengatur
kelompok diskusi.
§ Meminta
siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah.
3) Konfirmasi
§ Guru
mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.
Penutup
a.
Mengadakan post test
Memberi tugas rumah
untuk mempersiapkan materi berikutnya
E. Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
·
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian norma,
kebiasaan dan adat istiadat.
·
Menjelaskan manfaat norma
· Menjelaskan pentingnya norma
dalam kehidupan bermasyarakat
· Menjelaskan macam-macam norma
· Menjelaskan sumber-sumber norma
masyarakat.
· Menjelaskan sanksi pelanggaran
norma
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang
tepat!
1.
Pengertian norma adalah ....
a.
aturan-aturan hukum yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
b.
ketentuan hukum yang tertulis
secara sistematis dan dibuat oleh
pihak yang berwenang
c.
kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
dalam masyarakat dan berjalan
sebagai aturan hidup
d.
Kaidah-kaidah atau ketentuan-
ketentuan yang dijadikan peraturan
hidup sehingga mempengaruhi tingkah
laku dalam masyarakat
2.
Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah …
a. merasa
aman dalam setiap langkah hidupnya
b. mendapat
penghargaan sebagai pribadi yang baik
c. mudah
memperoleh segala apa yang diinginkan
d. selalu
mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu
3.
Norma yang sanksinya berupa
rasa menyesal disebut norma ....
A.
kesusilaan
B.
kemasyarakatan
C.
agama
D.
kesopanan
4.
Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah manusia
dikaruniai ….
A.
bentuk fisik yang sempurna
B.
rasa malu
C.
akal pikiran
D.
hati nurani
5.
Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan
menggunakan ….
A.
nalurinya
B.
daya pikirnya
C.
rasa estetikanya
D.
etika dan khayalannya
6.
Pada hakikatnya, manusia mempunyai dua hasrat, yaitu ingin ….
A. bahagia dan jaya
B. dihormati dan terhormat
C. menjadi satu dengan manusia
lain dan alam sekitarnya
D. sempurna dan bahagia
7.
Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
8.
Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya
disebut kaidah ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
9.
Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling
tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
10. Tujuan yang paling mendasar
diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….
A. kepastian hukum
B. ketertiban dalam masyarakat
C. keadilan sosial
D. kebahagiaan bagi masyarakat
11. Salah satu ciri norma hukum
bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….
A. sudah ditentukan terlebih
dahulu
B. tegas dan keras
C. tidak memandang siapa yang
bersalah
D. dibuat oleh lembaga
kemasyarakatan
12. Norma mempunyai fungsi yang
sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk ....
A. menegakkan keadilan
B. menegakkan kebenaran
C. menciptakan ketertiban
D. mewujudkan kebersamaan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat,
dan jelas!
1. Jelaskan
hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat!
2. Jelaskan
arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3. Uraikanlah
macam–macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
4. Jelaskan
perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang
diberikan kepada pelanggarnya!
5. Berikan
contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
6.
Jelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
7.
Jelaskan macam-macam norma
yang ada di masyarakat!
8.
Jelaskan Sumber-sumber norma dalam masyarakat!
9. Jelaskan sanksi pelanggaran norma kesusilaan di masyarakat!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menjelaskan
hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
Alokasi waktu : 8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian hukum.
2. Siswa dapat
menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya.
3. Siswa dapat
menjelaskan pembagian hukum menurut
bentuknya.
4. Siswa Sugi dan Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum
menurut isinya.
5. Siswa dapat
menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.
6. Siswa dapat
menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian hukum.
2.
Tujuan hukum.
3.
Pembagian hukum nasional
C. Metode
Ceramah
bervariasi, diskusi, telaah buku, dan penugasan.
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan,
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan
diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti Kajian Pustaka
1). Eksplorasi
- Guru Penjelasan konsep tentang
pengertian hukum dikaitkan
dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat.
2). Elaborasi
- Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
- Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk menelaah penggolongan hukum menurut
fungsinya, bentuknya, serta hukum
menurut isinya melalui kajian pustaka.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil telaahannya.
- Kelompok lain diminta untuk menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi tentang pemahaman pembagian hukum.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahaman
materi yang telah dipelajari.
b.
Mengadakan post test.
c.
Guru memberi tugas rumah kepada siswa (tugas kelompok) untuk
mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku yang berkaitan dengan
pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bernegara, serta tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pembagian hukum menurut bentuknya.
2). Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi guru materi yang telah didiskusikan oleh masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk memantapkan
pemahaman materi yang sudah
dipelajari.
b.
Mengadakan post test.
c.
Memberikan tugas kelompok di luar kelas untuk mempersiapkan materi yang
akan datang berupa laporan hasil pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata
tertib sekolah oleh siswa dalam rentang waktu satu minggu.
3. Pertemuan III dan IV
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah dan akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bernegara
2). Elaborasi
- Menjelaskan pelaksanaan diskusi kelompok.
- Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil pengamatan di sekolah
tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan
hasil pengamatannya.
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
b. Guru bersama siswa menyimpulkan
materi untuk memantapkan pemahaman materi yang telah dipelajari.
c.
Mengadakan post test
d. Memberi tugas rumah untuk
mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku secara individual
berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar
yang akan dipelajari.
E. Sumber
Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
- Perilaku siswa dan
guru
- Artikel/berita di media
massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian hukum
· Menjelaskan pembagian hukum
menurut bentuk, sifat dan isinya.
· Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
· Menjelaskan tujuan
ditetapkannya hukum dalam suatu negara
· Menjelaskan tugas penegak hukum
di negara RI
· Menjelaskan macam-macam
peradilan
· Menjelaskan negara Indonesia adalah negara hukum
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Pilihan ganda
Uraian
|
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
1. Perhatikan pernyataan berikut!
1. peraturan mengenai tingkah laku
dalam pergaulan
2.
dibuat oleh badan-badan resmi
3.
bersifat memaksa
4.
peraturan tertulis
5. bagi
yang melanggar mendapat sanksi tegas
Da Dari pernyataan di atas,
unsur-unsur pengertian hukum
ditunjukkan nomor….
a.
1, 2, 3 dan 4 c. 1, 2, 4 dan
5
b.
1, 2, 3 dan 5 d. 2, 3, 4 dan
5
2. Hukum
diperlukan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
karena ....
a.
membuat takut masyarakat
b. mengendalikan tingkah laku masyarakat
c.
memberi perlindungan terhadap hak-hak warga negara
d. mengatur pergaulan hidup
bermasyarakat
3. Hukum yang
mengatur jual beli dan sewa-menyewa adalah ….
a.
hukum pidana
b. hukum perdata
c.
hukum administrasi
d. hukum publik
4. Hukum yang
mengatur hubungan antarwarga negara dengan negara disebut ….
a.
hukum pidana
b. hukum perdata
c.
hukum publik
d. hukum privat
5. Peraturan
disebut hukum apabila memmiliki ciri-ciri antara lain ….
a.
memiliki daya pengikat
b. menciptakan ketertiban dan
keteraturan
c.
berisi perintah dan larangan
d. dibuat oleh pihak yang berwajib
6. Berikut
tujuan hukum, kecuali ....
a.
menjamin kepastian hukum
b. mengatur ketertiban masyarakat
c.
menegakkan keadilan
d. memaksa warga masyarakat
7. Contoh-contoh
berikut yang termasuk peristiwa perdata adalah ....
a.
pembagian harta waris
b. melakukan penghinaan terhadap
orang lain
c.
terjadi pemukulan terhadap pencuri
d. tidak
melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya
8. Berikut
ini yang tidak termasuk hukum publik adalah hukum ....
a.
perdata
b. pidana
c.
tata negara
d. administrasi negara
9. Menurut
bentuknya,
hukum digolongkan
menjadi
a.
hukum privat dan hukum publik
b. hukum pidana dan hukum perdata
c.
hukum tertulis dan hukum tidak tertulis
d. hukum objektif dan hukum subjektif
10. Hukum yang
ditetapkan oleh negara-negara di dalam suatu perjanjian antarnegara disebut
....
a.
undang-undang
b. kebiasaan
c.
traktat
d. yurisprudensi
11. Hukum
Internasional adalah ....
a.
hukum yang mengatur hubungan antar dua negara
b. hukum yang mengatur hubungan
hukum dalam dunia
c.
hukum yang berlaku di seluruh dunia
d. hukum yang
terbentuk karena keputusan hakim
12. Pentingnya mentaati hukum yang berlaku dalam masyarakat adalah ....
a. terwujudnya harga diri manusia
yang hakiki
b. tercipta ketertiban dan
ketenteraman
c. terbinanya kebahagiaan hidup
masyarakat
d. terjaminnya kehidupan
masyarakat dengan baik
13. Salah satu tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara dalah…..
a.
melindungi warga masyarakat
b. menjamin hak-hak asasi manusia
c.
menegakkan keadilan dan
kebenaran
d. mewujudkan kesejahteraan masyarakat
14. Alat kekuasaan negara di pengadilan
yang bertugas sebagai penuntut umum
adalah ....
a. hakim
c. jaksa
b. panitera
d. Polisi
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Jelaskan pengertian hukum!
2. Mengapa masyarakat memerlukan
hukum?
3. Jelaskan pembagian hukum
menurut:
a. sifatnya
b. bentuknya
c. isinya
4. Jelaskan tujuan ditetapkan
hukum dalam kehidupan bernegara!
5. Jelaskan fungsi hukum dalam
kehidupan bernegara!
6. Jelaskan 3 ciri bahwa negara Indonesia
adalah negara hukum
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat
istiadat, dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi
waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah
antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa;
2.
memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga;
3.
mendeskripsikan penerapan norma
di lingkungan sekolah;
4.
memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat;
5.
melaksanakan norma di sekolah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
B. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara
siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa.
2.
Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga.
3.
Contoh penerapan norma hukum di lingkungan sekolah.
4.
Contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat.
C. Metode
Ceramah
bervariasi, bermain peran, dan penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1. Pertemuan I dan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan
personel sekolah, antarsesama siswa
- Membagi siswa dalam 8 kelompok.
2). Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama,
dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Sebagai contoh, dalam norma kesopanan, misalnya saat berbicara,
menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainnya. Dalam norma hukum, misalnya memerankan
orang yang melanggar hukum dan akibatnya (merokok, terlibat narkoba, dan
lain-lain). Kemudian, memberikan
solusi yang tepat menurut norma hukum. Upayakan peristiwa yang
diangkat aktual agar menarik minat dalam KBM.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memerankan adegan
penerapan norma tersebut selama 7
menit.
- Kelompok lain menanggapi pemeranan tersebut.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi
terhadap peran yang telah ditampilkan.
b.
Mengadakan post test.
c.
Memberi tugas untuk mengamati pelaksanaan norma di lingkungan sekolah,
membuat hasil pengamatan, dan mempresentasikan di depan kelas.
2. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah
diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
2). Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan
hasil diskusinya.
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi guru materi yang telah dipresentasikan oleh
masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi
terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok.
b. Mengadakan post test.
c.
Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.
E. Sumber
Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
- Perilaku siswa dan
guru
- Artikel/berita di
media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
.
·
Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.
·
Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·
Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat
·
Penerapan norma , kebiasaan
dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
|
observasi
Penilaian diri
Penilaian antar teman
Penilaian antar teman
Tes Tertulis
|
Lembar observasi
Lembar penilaian diri
Lembar penilaian antar
teman
Lembar penilaian antar
teman
Pilihan Ganda
|
Observasi dan
buatkan laporan tentang
Contoh-contoh , jenis
dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang
terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalmu, dan berikan komentar..
Aspek-aspek
yang dinilai :
1. Ketepatan mengumpulkan tugas
2. Kerapihan
3. Isi atau materi yang dilaporkan
4. Sumber data jelas
Penilaian sikap
(instrumen-terlampir).
Intrumen
pengamatan perilaku
Intrumen
pengamatan perilaku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. norma hukum memiliki sanksi yang tegas
b. norma kesusilaan
c. norma hukum
d. norma hukum, norma
kebiasaan, norma tingkah laku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. menjamin berlangsung
kekuasaan
b.
seseorang menyabet pisau kepada orang lain sehingga orang tersebut meninggal
c.
norma kesopanan
d.
norma kesusilaan
e.
negara hukum
f.
hukum pidana
Perbedaan norma hukum
dan norma kesusilaan:
· Norma
hukum bertujuan menertibkan masyarakat sehingga tidak ada korban kejahatan.
Norma hukum ditujukan kepada sikap lahir. Norma hukum mempunyai sanksi resmi
yang menindak tegas. Norma hukum
membebani kewajiban dan memberi hak.
·
Norma kesusilaan bertujuan untuk menjaga agar manusia tidak menjadi
jahat. Norma kesusilaan ditujukan kepada sikap batin. Norma kesusilaan berasal dari
diri sendiri. Sanksi berasal dari diri sendiri dan tidak resmi. Norma kesusilaan hanya
membebani kewajiban.
Untuk menjamin kepentingan-kepentingan
setiap masyarakat. Hukum juga penting untuk mencapai keadilan, perdamaian,
dan kesejahteraan dalam bermasyarakat.
Supremasi hukum artinya
hukum memegang kekuasaan tertinggi.
Hukumlah yang mengatur dan hukumlah yang berkuasa, termasuk kepada penguasa.
2. hukum privat (sipil)
3.
hukum material
4.
hukum formal
5.
hukum traktat
|
1. Penilaian Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
dalam Berpendapat
|
Pemahaman/ Materi
|
Kerja Sama
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10
2. Penilaian Hasil Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan Tugas
|
Komentar terhadap Materi
|
Kerapian/
Penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
·
Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2.
Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit (2
x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang
detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.
Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.
Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Karakter siswa yang diharapkan :
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
Integritas (
integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1.
Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.
Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,
analisis, penugasan.
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
2). Elaborasi
§ Tanya
jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan
sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908.
§ Kajian
pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa
sekitar proklamasi kemerdekaan.
§ Membagi
siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
§ Masing-masing
kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah
disiapkan guru.
§ Masing-masing
kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi
dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
§
Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Post test sebagai unpan balik.
c.
Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu
berikutnya.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
KegiatanInti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
2). Elaborasi
§
Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan,
dilanjutkan dengan pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§
Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan
dengan pewarisan semangat peroklamasi kemerdekaan.
§
Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok
lain menanggapi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
b.Posttest
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai saksi hidup
Pahlawan Kemerdekaan.
E. Sumber
Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
- Buku-buku teks resmi
tentang Proklamasi
- Artikel-artikel,
teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang
PPKI
- Narasumber (saksi
sejarah yang masih hidup)
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menguraikan ciri-ciri perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan
sesudah Tahun 1908.
· Menjelaskan penderitaan rakyat
pada masa penjajahan.
· Menjelaskan faktor yang menjadi
pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya
· Menjelaskan arti kemerdekaan
bagi suatu bangsa
· Menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi
kemerdekaan
|
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Daftar pertanya-an
Pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan
ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
Pernyataan
:
1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya
2. terjadi kemiskinan dan kelaparan
3. kesempatan
menikmati pendidikan
4. rakyat disuruh kerja paksa
Dari pernyataan di atas pada masa
penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2 dan 3 c.
1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4. d.
2, 3 dan 4
Dikumandangkannya
Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu atas dorongan ….
a. negara tetangga yang berkerja
sama dengan Indonesia
b. agar dihormati dan di hargai
oleh bangsa lain
c. keinginan luhur seluruh rakyat
Indonesia
d. keinginan untuk menjadi Negara berkembang
Arti
penting kemerdekaan suatu bangsa
adalah ….
a. bangsa
itu bebas menentukan masa depannya tanpa
dipengaruhi bangsa lain
b. bebas
menentukan negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
c. berhak
mengatur pemerintahannya atas bantuan Negara
lain
d. bebas bekerjasama dengan Negara
lain asalkan menguntungkan
Jelaskan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Jelaskan
secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar
proklamasi kemerdekaan!
Jelaskan
makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
Mengapa
pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi
muda?
Siapakah
tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik
proklamasi?
Semangat
atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan
kemerdekaan kepada kita?
Bagaimana
keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripsikan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan
suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses
pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang BPUPKI
tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945;
3. menguraikan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Pembelajaran
1. Suasana
sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Hasil-hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
3. Pokok-pokok
pikiran Pembukaan UUD 1945
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,
analisis, penugasan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
(Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya suasana
sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2). Elaborasi
- Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang BPUPKI tanggal 18
Agustus 1945.
- Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel,
naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok
pikiran Pembukaan UUD 1945.
- Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil
sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
- Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan
memberikan laporan tertulis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Post test sebagai umpan balik bagi guru.
c.
Memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya
sebagai tindak lanjut.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2). Elaborasi
- Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber (buku teks siswa) tentang
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
- Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945.
- Dengan difasilitasi guru, siswa berusaha mengklarifikasi tentang
hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.
Penutup
a. Dengan
bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang suasana
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
b.
Mengadakan post test.
c. Memberi
tugas rumah berupa telaah materi yang akan
dipelajari pada minggu berikutnya.
E. Sumber
Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII ,
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur
yang berisi tentang Proklamasi
- Artiel-artikel, teks
Proklamasi
- Narasumber (saksi
hidup)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok
·Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi
·Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
·Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
· Menguraikan hasil-hasil sidang
PPKI tanggal 18-8-1945
|
Penugasn
Tes Tertulis
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Pekerjaan rumah
Pilihan ganda
Daftar pertanyaan
Pilihan ganda
Uraian
|
Buatkan
rangkuman , Peristiwa Rengas Dengklok dan peristiwa perumusan naskah
proklamasi!
Proklamasi kemerdekaan
RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal
pelaksanaan pembangunan
disegala
bidang
b. titik puncak perjuangan bangsa
Indonesia
melawan penjajahan
c.akhir menangani suatu masalah
bangsa
Indonesia
d.akhir pelaksanaan hukum
internasional
Sila keberapa yang di permasalhkan dalam sidang PPKI
tanggal 18 Agustus 1945
Pernyataan
:
1.
pembentukan MPR
2.
menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3.
menetapkan Presiden dan wakil presiden
4.
pembentukan KNIP
Dari
pernyataan di atas hasil sidang
PPKI 18 Agustus 1945
ditunjukkan nomor ….
a. 1,
2 dan
3 c. 1, 3 dan 4
b. 1,
2 dan
4 d. 2, 3 dan 4
Jelaskan
bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!
Sebutkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
Uraikan
bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
Perlukan
NKRI yang baru merdeka memiliki pemimpin (presiden)?
Perlukan
NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
Apa
yang kalian ketahui tentang konstitusi?
Apa
nama konstitusi negara Indonesia?
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan hubungan Proklamasi
dengan Pembukaan UUD 1945;
2. menjelaskan hubungan Proklamasi dengan
pasal-pasal UUD 1945;
3. menguraikan makna setiap alinea
dalam Pembukaan UUD 1945.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Pembelajaran
1.
Hubungan antara Proklamasi dan UUD 1945
C. Metode
Ceramah
bervariasi dan diskusi.
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya
Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
- Tanya jawab tentang
isi Pembukaan UUD 1945.
2). Elaborasi
- Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi
dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
- Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
- Masing-masing kelompok membahas dan mendiskusikan materi tersebut.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok
lain menanggapinya.
3) Konfirmasi
- Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b. Post test sebagai umpan
balik.
c. Melakukan refleksi dan tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk
mempersiapkan materi berikutnya.
E. Sumber
belajar
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
- Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang PPKI
- Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan
Pembukaan UUD 1945.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945
Jelaskan
makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!
Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan
UUD 1945!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripsikan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi
Dasar : 2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi
pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit (2
x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya
kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan
nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap positif
dalam mengisi kemerdekaan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Sikap
positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2. Sikap
positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3. Sikap
positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45
(semangat perjuanganya).
4. Sikap
positif dalam mengisi kemerdekaan.
C. Metode
Ceramah
bervariasi dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan
I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan
lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§ Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan
para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2). Elaborasi
§ Guru memberikan tugas individual
kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan
masyarakat.
§ Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain
menanggapi.
3) Konfirmasi
§ Guru memberikan klarifikasi.
§ Guru meminta beberapa siswa untuk
memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
dilakukan.
2. Pertemuan
II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan
lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§ Guru menjelaskan kembali secara
singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
2). Elaborasi
§ Guru membagi siswa dalam 8
kelompok.
§ Tiap kelompok mendiskusikan
pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
§ Beberapa kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
§ Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§ Guru memberikan klarifikasi
Penutup
a.
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Siswa mengisi kuesioner: check list (V)
E. Sumber
Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan
MTs Kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||
·Menerapkan
cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap
yang dimiliki para pahlawan
·Menunjukkan perilku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.
|
Penilaian diri
Penilaian antar teman
|
Quesioner
Lembar penilaian antar
teman
|
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat
dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika
pernyataan negatif)
Penialain perilaku
melalui pengamatan ( Instrumen
terlampir ).
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|