Selasa, 21 Juli 2015

RPP PKn Kelas 7 semester ganjil

                                 

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :     .........................................     
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                 :     VII/satu
Standar Kompetensi         :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar            :     1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu                  :    6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·         menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun ( diligence ) Serta  Jujur ( fairnes )
·         menjelaskan tujuan norma;
·         menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
·         menguraikan macam-macam norma.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
·                     Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan.
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu senantiasa
melakukan interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap
manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan
bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu bertindak
sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka masing-masing.
Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai dan
norma yang berlaku di masyarakat.

·                     Macam-macam norma.
Macam Norma - Norma Sopan Santun, Agama & Hukum - Kebiasaan Yang Berlaku dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman dan pengatur dasar kehidupan seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan kehidupan antara manusia yang aman, tentram dan sejahtera.
1. Norma Sopan Santun
Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.
Contoh :
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil

2. Norma Agama
Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan nabi berdasarkan atas agama atau kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu hal yang pribadi yang tidak dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang dasar '45 pasal 29.
Contoh :
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama

3. Norma Hukum
Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai, tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.
Contoh :
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme

C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
      1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,       kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan       pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )
§  Mengadakan kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) Serta Kewarganegaraan ( citizenship )
2).  Elaborasi
§  Membagi siswa dalam kelompok.
§  Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§  Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§  Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.

      Penutup
a.       Mengadakan post test.
b.      Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.

      2. Pertemuan II
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang  akan dicapai.
      Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§  Guru menjelaskan tujuan norma.
2).  Elaborasi
§  Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
§  Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§  Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§  Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.
Penutup
a. Mengadakan post test.
Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.

      3. Pertemuan III
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan  pertanyaan tentang tugas yang diberikan.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.
2).  Elaborasi
§  Mengatur kelompok diskusi.
§  Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah.
3) Konfirmasi
§  Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.
     Penutup
a.   Mengadakan post test
            Memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi berikutnya

E. Alat/Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·                     Artikel/berita di media massa

F. Penilaian
       Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.

· Menjelaskan manfaat norma

· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat

· Menjelaskan  macam-macam norma

· Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat.

· Menjelaskan sanksi pelanggaran norma





Tes tertulis























































































Tes tertulis









Pilihan Ganda






















































































Uraian


Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat! 
1.      Pengertian norma adalah ....
a. aturan-aturan hukum yang berlaku     dalam kehidupan bermasyarakat,     berbangsa dan bernegara
b. ketentuan hukum yang tertulis
    secara sistematis dan dibuat oleh 
    pihak yang berwenang
c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
   dalam masyarakat dan berjalan
   sebagai aturan hidup
d. Kaidah-kaidah atau ketentuan-    ketentuan yang dijadikan peraturan    hidup sehingga mempengaruhi     tingkah laku dalam masyarakat
2.      Manfaat yang didapat jika seseorang patuh  terhadap norma  yang berlaku adalah …
a.   merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b.  mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c.   mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
d.  selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu
3.      Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma ....
A.                           kesusilaan
B.                           kemasyarakatan
C.                           agama
D.                           kesopanan
4.      Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah manusia dikaruniai ….
A.                           bentuk fisik yang sempurna
B.                           rasa malu
C.                           akal pikiran
D.                           hati nurani
5.      Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan
menggunakan ….
A.                           nalurinya
B.                           daya pikirnya
C.                           rasa estetikanya
D.                           etika dan khayalannya
6.      Pada hakikatnya, manusia mempunyai dua hasrat, yaitu  ingin ….
A. bahagia dan jaya
B. dihormati dan terhormat
C. menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya
D. sempurna dan bahagia
7.      Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
8.      Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
9.      Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah ….
A. kesusilaan
B. adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum
10.  Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….
A. kepastian hukum
B. ketertiban dalam masyarakat
C. keadilan sosial
D. kebahagiaan bagi masyarakat
11.  Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….
A. sudah ditentukan terlebih dahulu
B. tegas dan keras
C. tidak memandang siapa yang bersalah
D. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
12.  Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk ....
A. menegakkan keadilan
B. menegakkan kebenaran
C. menciptakan ketertiban
D. mewujudkan kebersamaan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
1.      Jelaskan hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat!
2.      Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3.      Uraikanlah macam–macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
4.      Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
5.      Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
6.      Jelaskan pentingnya norma dalam  kehidupan bermasyarakat
7.      Jelaskan  macam-macam norma yang ada di masyarakat!
8.      Jelaskan Sumber-sumber norma dalam masyarakat!
9.      Jelaskan sanksi  pelanggaran norma kesusilaan di  masyarakat!
                                   


      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................





RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Kompetensi Dasar            :     1.2       Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga                                        negara
Alokasi waktu                   :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum.
2.   Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya.
3.   Siswa dapat menjelaskan  pembagian hukum menurut bentuknya.
4.   Siswa Sugi dan  Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut  isinya.
5.   Siswa dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.
6.   Siswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian hukum.
2.      Tujuan  hukum.
3.      Pembagian hukum nasional

C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku, dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
      1. Pertemuan I
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,       kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan       pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
      c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan Inti Kajian Pustaka
1). Eksplorasi
  • Guru Penjelasan konsep tentang  pengertian hukum dikaitkan  dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat.
2).  Elaborasi
  • Membagi siswa menjadi  8 kelompok.
  • Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk  menelaah penggolongan hukum menurut fungsinya, bentuknya, serta  hukum menurut isinya melalui kajian pustaka.
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan   hasil  telaahannya.
  • Kelompok lain diminta untuk menanggapi presentasi tersebut.
  • Guru mengklarifikasi tentang pemahaman pembagian hukum.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk memantapkan   pemahaman  materi  yang telah dipelajari.
b.      Mengadakan post test.
c.       Guru memberi tugas rumah kepada siswa (tugas kelompok) untuk mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku yang berkaitan dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara, serta tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.

      2. Pertemuan II
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan       pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang  akan dicapai.
      Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan  pembagian hukum menurut bentuknya.
2).  Elaborasi
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya
  • Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
  • Guru mengklarifikasi guru materi yang telah didiskusikan oleh  masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk  memantapkan  pemahaman  materi   yang sudah  dipelajari.
b.      Mengadakan post test.
c.       Memberikan tugas kelompok di luar kelas untuk mempersiapkan materi yang akan datang berupa laporan hasil pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa dalam rentang waktu satu minggu.

      3. Pertemuan III dan IV
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dan akan diajarkan.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
2).  Elaborasi
  • Menjelaskan pelaksanaan diskusi kelompok.
  • Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil pengamatan di sekolah tentang  pelanggaran terhadap  tata tertib sekolah oleh siswa.
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil pengamatannya.
  • Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
  • Guru mengklarifikasi dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Penutup
b.  Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk memantapkan  pemahaman  materi yang telah dipelajari.
c.   Mengadakan post test
d.  Memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi yang  akan datang  berupa telaah buku secara individual berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi  dasar  yang akan dipelajari.

E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • Perilaku siswa dan guru
  • Artikel/berita di media massa

F.   Penilaian
       Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan pengertian hukum
· Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya.
· Menjelaskan pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
· Menjelaskan tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara
· Menjelaskan tugas penegak hukum di negara  RI
· Menjelaskan macam-macam peradilan
· Menjelaskan  negara Indonesia adalah negara hukum  
Tes Tertulis




























































































Tes Tertulis
Pilihan ganda




























































































Uraian





Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
1.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.  peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan
2.   dibuat oleh badan-badan resmi
3.   bersifat memaksa
4.   peraturan tertulis
5.  bagi yang melanggar mendapat sanksi tegas
Da     Dari pernyataan di atas, unsur-unsur  pengertian hukum ditunjukkan nomor….
a.         1, 2, 3 dan 4    c. 1, 2, 4 dan 5
b.        1, 2, 3 dan 5    d. 2, 3, 4 dan 5
2.  Hukum diperlukan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara karena ....
a.        membuat takut masyarakat
b.       mengendalikan tingkah laku masyarakat
c.        memberi perlindungan terhadap hak-hak warga negara
d.       mengatur pergaulan hidup bermasyarakat
3.  Hukum yang mengatur jual beli dan sewa-menyewa adalah ….
a.        hukum pidana
b.       hukum perdata
c.        hukum administrasi
d.       hukum publik
4.  Hukum yang mengatur hubungan antarwarga negara dengan negara disebut ….
a.        hukum pidana
b.       hukum perdata
c.        hukum publik
d.       hukum privat
5.  Peraturan disebut hukum apabila memmiliki ciri-ciri antara lain ….
a.        memiliki daya pengikat
b.       menciptakan ketertiban dan keteraturan
c.        berisi perintah dan larangan
d.       dibuat oleh pihak yang berwajib
6.  Berikut tujuan hukum, kecuali ....
a.        menjamin kepastian hukum
b.       mengatur ketertiban masyarakat
c.        menegakkan keadilan
d.       memaksa warga masyarakat
7.  Contoh-contoh berikut yang termasuk peristiwa perdata adalah ....
a.        pembagian harta waris
b.       melakukan penghinaan terhadap orang lain
c.        terjadi pemukulan terhadap pencuri
d.       tidak melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya
8.  Berikut ini yang tidak termasuk hukum publik adalah hukum ....
a.        perdata
b.       pidana
c.        tata negara
d.       administrasi negara
9.  Menurut bentuknya, hukum digolongkan menjadi
a.        hukum privat dan hukum publik
b.       hukum pidana dan hukum perdata
c.        hukum tertulis dan hukum tidak tertulis
d.       hukum objektif dan hukum subjektif
10.  Hukum yang ditetapkan oleh negara-negara di dalam suatu perjanjian antarnegara disebut ....
a.        undang-undang
b.       kebiasaan
c.        traktat
d.       yurisprudensi
11.  Hukum Internasional adalah ....
a.        hukum yang mengatur hubungan antar dua negara
b.       hukum yang mengatur hubungan hukum dalam dunia
c.        hukum yang berlaku di seluruh dunia
d.       hukum yang terbentuk karena keputusan hakim
12.  Pentingnya mentaati hukum yang berlaku  dalam masyarakat adalah ....
a.   terwujudnya harga diri manusia yang hakiki
b.  tercipta ketertiban dan ketenteraman
c.   terbinanya kebahagiaan hidup masyarakat
d.  terjaminnya kehidupan masyarakat dengan baik
13.  Salah satu tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara dalah…..
a.   melindungi warga masyarakat
b.   menjamin hak-hak asasi manusia
c.    menegakkan keadilan dan kebenaran
d.   mewujudkan kesejahteraan masyarakat
14.  Alat kekuasaan negara di pengadilan yang bertugas  sebagai penuntut umum adalah ....
a. hakim                      
c.  jaksa
b. panitera
d.  Polisi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Jelaskan pengertian hukum!
2.      Mengapa masyarakat memerlukan hukum?
3.      Jelaskan pembagian hukum menurut:
a.       sifatnya
b.      bentuknya
c.       isinya
4.      Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan bernegara!
5.      Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara!
6.      Jelaskan 3 ciri bahwa negara Indonesia adalah negara hukum


                                   
      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN




(_______________________)
NIP/NIK : ..............................



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Kompetensi Dasar            :     1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat,                                                     dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara.
Alokasi waktu                   :     6 x 40 menit (3 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa;
2.      memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga;
3.      mendeskripsikan  penerapan norma di lingkungan sekolah;
4.      memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan  masyarakat;
5.      melaksanakan norma di sekolah.

Karakter siswa yang diharapkan :                Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
B.   Materi Pembelajaran
1.      Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa.
2.      Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga.
3.      Contoh penerapan norma hukum di lingkungan sekolah.
4.      Contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat.

C. Metode
Ceramah bervariasi, bermain peran, dan penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
      1. Pertemuan I dan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan Inti      
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa
  • Membagi siswa dalam  8 kelompok.
2).  Elaborasi
  • Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk memerankan  penerapan norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Sebagai contoh, dalam norma kesopanan, misalnya saat berbicara, menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainnya.  Dalam norma hukum, misalnya memerankan orang yang melanggar hukum dan akibatnya (merokok, terlibat narkoba, dan lain-lain). Kemudian, memberikan  solusi yang tepat menurut norma hukum. Upayakan peristiwa yang diangkat aktual agar menarik minat dalam KBM.
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memerankan adegan penerapan norma tersebut selama 7  menit.
  • Kelompok lain menanggapi pemeranan tersebut.
      3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap peran yang telah ditampilkan.
b.      Mengadakan post test.
c.       Memberi tugas untuk mengamati pelaksanaan norma di lingkungan sekolah, membuat hasil pengamatan, dan mempresentasikan di depan kelas.

      2. Pertemuan III
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan   pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
      c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
     
            Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya akibat jika melanggar norma dalam kehidupan  masyarakat
2).  Elaborasi
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
  • Guru mengklarifikasi guru materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     
Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok.
b.  Mengadakan post test.
c.   Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan  dipelajari pada minggu berikutnya.

E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • Perilaku siswa dan guru
  • Artikel/berita di media massa

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·     Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan  norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
.
·     Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.

·     Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·     Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat

·     Penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

observasi




Penilaian diri



Penilaian antar teman


Penilaian antar teman


Tes Tertulis

Lembar observasi



Lembar penilaian diri


Lembar penilaian antar teman

Lembar penilaian antar teman

Pilihan Ganda

Observasi dan buatkan  laporan tentang
Contoh-contoh , jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalmu, dan berikan komentar..
Aspek-aspek yang dinilai :
1.  Ketepatan mengumpulkan tugas
2.  Kerapihan
3.  Isi atau materi yang dilaporkan
4.  Sumber data jelas

Penilaian sikap 
(instrumen-terlampir).

Intrumen pengamatan perilaku

Intrumen pengamatan perilaku

Ralat soal: tambahkan kata kecuali. Jawaban
a. norma hukum memiliki sanksi yang tegas
b. norma kesusilaan
c. norma hukum
d. norma hukum, norma kebiasaan, norma tingkah laku

Ralat soal: tambahkan kata kecuali. Jawaban
a. menjamin berlangsung kekuasaan
b. seseorang menyabet pisau kepada orang lain sehingga orang tersebut meninggal
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan
e. negara hukum
f. hukum pidana

Perbedaan norma hukum dan norma kesusilaan:
·     Norma hukum bertujuan menertibkan masyarakat sehingga tidak ada korban kejahatan. Norma hukum ditujukan kepada sikap lahir. Norma hukum mempunyai sanksi resmi yang menindak tegas. Norma hukum membebani kewajiban dan memberi hak.
·     Norma kesusilaan bertujuan untuk menjaga agar manusia tidak menjadi jahat. Norma kesusilaan ditujukan kepada sikap batin. Norma kesusilaan berasal dari diri sendiri. Sanksi berasal dari diri sendiri dan tidak resmi. Norma kesusilaan hanya membebani kewajiban.

Untuk menjamin kepentingan-kepentingan setiap masyarakat. Hukum juga penting untuk mencapai keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan dalam bermasyarakat.

Supremasi hukum artinya hukum memegang kekuasaan tertinggi. Hukumlah yang mengatur dan hukumlah yang berkuasa, termasuk kepada penguasa.
  1. Rule of law artinya pengaturan oleh hukum. Contohnya adalah jika seorang presiden korupsi ia  pun harus diproses dan diberi sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.
  2. 1. hukum publik
            2. hukum privat (sipil)
            3. hukum material
            4. hukum formal
            5. hukum traktat

                                   
1.      Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Partisipasi
dalam Berpendapat
Pemahaman/ Materi
Kerja Sama
Jumlah
1





2





3





4





5





dst.





Keterangan:
·         Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10


2.   Penilaian Hasil Kerja
No
Nama Siswa
Kesesuaian materi dengan Tugas
Komentar  terhadap Materi
Kerapian/
Penampilan
Jumlah
1





2





3





4





5





dst.





Keterangan
·         Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10

                                                                                                     
      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     2.   Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.1.      Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
Alokasi waktu                   :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.      Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.      Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.

Karakter siswa yang diharapkan :   
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
1.      Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.      Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar)
1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
2).  Elaborasi
§  Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908.
§  Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.
§  Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
§  Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru.
§  Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
§  Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.   
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.     Post test sebagai unpan balik.
c.      Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.

2.      Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.

KegiatanInti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
2).  Elaborasi
§  Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§  Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan semangat peroklamasi kemerdekaan.
§  Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Penutup
     a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
     b.Posttest
     c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk 
         mewawancarai saksi hidup Pahlawan  Kemerdekaan.

E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII 
  • Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi
  • Naskah Pidato sidang PPKI
  • Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
  • UUD 1945
F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menguraikan ciri-ciri  perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908.


· Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan.

· Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya

· Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa

· Menjelaskan  pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Tes lisan


Tes Tertulis


























Tes Tertulis



Daftar pertanya-an

Pilihan ganda


























Uraian





Jelaskan ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!

Pernyataan :
1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya
2. terjadi kemiskinan dan kelaparan
3. kesempatan  menikmati pendidikan
4. rakyat disuruh kerja paksa
    Dari pernyataan di atas pada masa penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2  dan  3  c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan  4. d. 2, 3 dan 4

Dikumandangkannya Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu atas dorongan ….
a.   negara tetangga yang berkerja sama dengan Indonesia
b.   agar dihormati dan di hargai oleh bangsa lain
c.   keinginan luhur seluruh rakyat Indonesia
d.   keinginan untuk menjadi Negara berkembang

Arti penting  kemerdekaan suatu bangsa adalah ….
a.   bangsa itu bebas menentukan masa depannya tanpa  dipengaruhi bangsa lain
b.  bebas menentukan negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
c.   berhak mengatur pemerintahannya atas bantuan Negara lain
d.  bebas bekerjasama dengan Negara lain asalkan menguntungkan    

Jelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan. 

Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!

Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!

Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda?

Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi?

Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita?

Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................





















RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     2.   Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.2.      Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi waktu                   :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
      Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945;
3. menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Pembelajaran
1.   Suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945
2.   Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
3.   Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).  Elaborasi
  • Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel, naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
  • Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
  • Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis.

3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.      Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Post test sebagai umpan balik bagi guru.
c.      Memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya sebagai tindak lanjut.

2.      Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
   Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).  Elaborasi
  • Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber (buku teks siswa) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Dengan difasilitasi guru, siswa berusaha mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.
Penutup
    a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
     b. Mengadakan post test.
     c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan  dipelajari pada minggu berikutnya.

E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII  ,
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artiel-artikel, teks Proklamasi
  • Narasumber (saksi hidup)



F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok

·Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi

·Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
·Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945

· Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945


Penugasn


Tes Tertulis








Tes lisan


Tes Tertulis








Tes Tertulis
Pekerjaan rumah

Pilihan ganda








Daftar pertanyaan

Pilihan ganda








 Uraian

Buatkan rangkuman , Peristiwa Rengas Dengklok dan peristiwa perumusan naskah proklamasi!

Proklamasi kemerdekaan RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal  pelaksanaan pembangunan
   disegala bidang
b. titik puncak perjuangan bangsa
   Indonesia melawan penjajahan
c.akhir menangani suatu masalah
   bangsa Indonesia
d.akhir pelaksanaan hukum
   internasional
Sila keberapa yang di permasalhkan dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Pernyataan :
1. pembentukan MPR
2. menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3. menetapkan  Presiden dan wakil presiden
4. pembentukan KNIP
Dari pernyataan di atas   hasil  sidang  PPKI 18 Agustus 1945  ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2  dan  3  c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2  dan  4  d. 2, 3 dan 4

Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!

Sebutkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!

Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemimpin (presiden)?

Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?

Apa yang kalian ketahui tentang konstitusi?

Apa nama konstitusi negara Indonesia?

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................






RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     2.   Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Alokasi waktu                   :     2 x 40 menit (1 x pertemuan)

A.   Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      menjelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2.      menjelaskan hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD 1945;
3.      menguraikan makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.

Karakter siswa yang diharapkan :                Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Integritas ( integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Pembelajaran
1.      Hubungan antara Proklamasi dan UUD 1945

C.   Metode
Ceramah bervariasi dan diskusi.

D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)

1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
  • Tanya jawab tentang isi Pembukaan UUD 1945.
2).  Elaborasi
  • Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
  • Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
  • Masing-masing kelompok membahas dan mendiskusikan materi tersebut.
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya.
3) Konfirmasi
  • Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.

Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b. Post test sebagai umpan balik.
c. Melakukan refleksi dan tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya.

E.   Sumber belajar
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi
  • Naskah Pidato sidang PPKI
  • Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
  • UUD 1945

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan hubungan  proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan   UUD 1945.

Tes Tertulis
 Uraian

Jelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945          

Jelaskan makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!

Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945!

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................










RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :      .........................................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/I
Standar kompetensi          :     2.   Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar            :     2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi waktu                   :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya).
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

C. Metode
Ceramah bervariasi dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§  Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2).  Elaborasi
§  Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
§  Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.

3) Konfirmasi
§  Guru memberikan klarifikasi.
§  Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilakukan.

2. Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
§  Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
2).  Elaborasi
§  Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
§  Tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
§  Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§  Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§  Guru memberikan klarifikasi
Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.      Siswa mengisi kuesioner: check list (V)

E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·Menerapkan  cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
·Menunjukkan perilku positif  terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.


Penilaian diri

























Penilaian antar teman


Quesioner


























Lembar penilaian antar teman



Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYA-TAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


3
UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


4
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


5



Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)

Penialain perilaku melalui pengamatan  ( Instrumen terlampir ).
                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................