Selasa, 14 Juni 2016

RPP Tematik kelas 2 semester 2

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah   :  MI Swasta Darussalam
Tema                   :  Peristiwa
Kelas/Semester   :  II / 2
Alokasi Waktu   : 3 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi

B. Indonesia

¨      Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
¨      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
¨      Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
¨      Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

IPS

¨      Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

IPA

¨      Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
¨      Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

¨      Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.

B.   Kompetensi Dasar

B. Indonesia

¨      Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
¨      Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
¨      Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
¨      Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
¨      Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

IPS

¨      Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
¨      Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
¨      Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

IPA

¨      Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
¨      Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
¨      Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

¨      Berkreasi dengan cat warna.
C.   Tujuan Pembelajaran**

B. Indonesia

¨      Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
¨      Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
¨      Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
¨      Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

IPS

¨      Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨      Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨      Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

IPA

¨      Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
¨      Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
¨      Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
¨      Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

SBK

¨      Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
¨      Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

D.   Materi Pokok
¨      Teks berisi pesan pendek.
¨      Bercerita tentang dongeng.
¨      Menceritakan yang didengarkan.
¨      Teks panjang 20 – 25 kalimat.
¨      Puisi menggunakan huruf sambung.
¨      Dokumen diri dan keluarga.
¨      Pengalamam diri sendiri dan keluarga
¨      Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
¨      Sumber energi dan kegunaannya
¨      Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
¨      Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
¨      Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan

E.   Metode Pembelajaran
¨      Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

F.    Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
·        Merapikan siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
·        Test awal pelajaran (pre test).

Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
F Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
F Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F  Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.

A.   Alat dan Sumber Belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
F Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar

B.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
B. Indonesia
·         Mencatat isi pesan.
·         Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·         Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·         Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·         Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·         Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·         Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·         Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·         Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·         Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·         Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·         Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·         Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·         Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 B. Indonesia
·         Bagaimana cara mencatat isi pesan.
·         Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·         Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·         Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·         Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·         Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·         Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·         Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·         Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·         Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·         Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·         Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·         Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·         Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·         Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·   LKS
·   Lmbar observasi.


C.   Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

2.    Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
Alzainab A.Kunda





2
Citra R.Rahmani





3
Dwi Novia Riana





4
Fanina Umar





5
Fitriyanti





6
Intan Saputri





7
Irda Syafruduin





8
Kuntum Harum Sari





9
Marlining Rugaya





10
Mistillah Ramadani





11
Muh. Afdal





12
Muh.Fadlin





13
Muh.Rianto





14
Naizatul Asmiran





15
Nasrin Nasir





  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

                                                                                        Maumbawa,14 Juni 2016
Mengetahui                                                                           
  Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas 2,

Tidak ada komentar: