Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MI Swasta Darussalam
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
3 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
B.
Indonesia
¨ Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
¨ Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan
mendeskripsikan benda dan bercerita
¨ Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan
membaca dalam hati
¨ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar
dan menyalin puisi anak
IPS
¨ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan
lingkungan tetangga
IPA
¨ Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
¨ Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
SBK
¨ Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan
model benda yang terapung di air.
B.
Kompetensi Dasar
B.
Indonesia
¨ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada
orang lain.
¨ Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
¨ Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan
menggunakan kata-kata sendiri.
¨ Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
¨ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang
rapi.
IPS
¨ Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
¨ Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam
anggota keluarga.
¨ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga.
IPA
¨ Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik,
cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
¨ Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
¨ Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
SBK
¨
Berkreasi dengan cat
warna.
C.
Tujuan Pembelajaran**
B.
Indonesia
¨ Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya
kepada orang lain.
¨ Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang didengarkan.
¨ Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks
cerita agak panjang.
¨ Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang
benar.
IPS
¨ Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
¨ Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi
barang keluarga.
¨ Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
IPA
¨ Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya
melalui alat rumah tangga.
¨ Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan
sore hari.
¨ Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
¨ Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang
dan sore hari.
SBK
¨ Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan.
¨ Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat
warna.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D.
Materi Pokok
¨ Teks berisi pesan pendek.
¨ Bercerita tentang dongeng.
¨ Menceritakan yang didengarkan.
¨ Teks panjang 20 – 25 kalimat.
¨ Puisi menggunakan huruf sambung.
¨ Dokumen diri dan keluarga.
¨ Pengalamam diri sendiri dan keluarga
¨ Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
¨ Sumber energi dan kegunaannya
¨ Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan
di bumi
¨ Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
¨ Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari
bahan alami dan buatan
E.
Metode Pembelajaran
¨ Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya
jawab.
F.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
·
Merapikan siswa, mengatue
tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
·
Test awal pelajaran (pre
test).
Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B.
Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan
pesan pendek yang didengarkan orang lain.
F Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
melalui alat-alat rumah tangga.
F Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F
Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar
diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan
tertulis.
A.
Alat dan Sumber Belajar
F
Alat peraga
F
Buku panduan Bahasa
Indonesia, Sains, IPS, SBK,
F
Buku sumber lain yang
dapat menunjang proses belajar mengajar.
F
Lingkungan sekitar
B.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
·
Mencatat isi
pesan.
·
Menulis pesan
ke dalam beberapa kalimat.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menyampaikan
pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Membaca
lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·
Menjelaskan
isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·
Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
IPS
·
Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga.
·
Menceritakan
peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui
dokumen (foto dan akte).
·
Menjelaskan
pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan
cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Menceritakan
keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Mencari
sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah
tangga.
·
Menunjukkan
sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·
Memberikan
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Menceritakan
kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·
Membedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Menceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk.
·
Menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan
pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.
SBK
·
Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
B. Indonesia
·
Bagaimana
cara mencatat isi pesan.
·
Bagaimana
cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Bagaimana
cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Bagaimana
cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Ceritakan
kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Bacakanlah
lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·
Jelaskanlah
isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·
Bagaimana
cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan)
IPS
·
Tunjukkan
dokumen diri dan keluarga.
·
Ceritakan
peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui
dokumen (foto dan akte).
·
Jelaskan
pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Ceritakan
cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Sebutkanlah
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Ceritakan
keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Bagaimana
cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui
alat-alat rumah tangga.
·
Tunjukkan
sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·
Sebutkanlah
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Ceritakan
kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·
Bedakan panas
matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Ceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk.
·
Jelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sebutkan pengaruh
panas dan cahaya matahari terhadap manusia.
SBK
·
Jelaskanlah
cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
C.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
2.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
|
Alzainab A.Kunda
|
|
|
|
|
|
2
|
Citra R.Rahmani
|
|
|
|
|
|
3
|
Dwi Novia Riana
|
|
|
|
|
|
4
|
Fanina Umar
|
|
|
|
|
|
5
|
Fitriyanti
|
|
|
|
|
|
6
|
Intan Saputri
|
|
|
|
|
|
7
|
Irda Syafruduin
|
|
|
|
|
|
8
|
Kuntum Harum Sari
|
|
|
|
|
|
9
|
Marlining Rugaya
|
|
|
|
|
|
10
|
Mistillah Ramadani
|
|
|
|
|
|
11
|
Muh. Afdal
|
|
|
|
|
|
12
|
Muh.Fadlin
|
|
|
|
|
|
13
|
Muh.Rianto
|
|
|
|
|
|
14
|
Naizatul Asmiran
|
|
|
|
|
|
15
|
Nasrin Nasir
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Maumbawa,14 Juni 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Kelas 2,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar