UJI COBA UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DARUSSALAM MAUMBAWA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Mata Pelajaran
|
:
|
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
|
Kelas
|
:
|
IX (Sembilan)
|
A. OBYEKTIF TES
1.
|
Norma dalam kehidupan manusia yang
memiliki sanksi yang tegas adalah....
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Agama
|
C.
|
Hukum
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Kesusilaan
|
D.
|
Kesopanan
|
|||||||||||||||||||||||
2.
|
Salah satu fungsi negara adalah
kesejahteraan dan kemakmuran. Maksud dari pernyataan tersebut adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Negara menjaga keamanan dan ketertiban
dalam masyarakat setiap dan mencegah bentrokan antar kelompok atau individu.
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Negara berfungsi menjaga keadilan dengan
memperlakukan setiap orang secara adil dan sesuai dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Negara berfungsi memenuhi dan menjamin
kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya.
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Negara berfungsi untuk menjaga
kemungkinan serangan dari luar. Oleh karena itu, negara perlu memiliki
alat-alat pertahanan yang kuat.
|
|||||||||||||||||||||||||
3.
|
Mereka yang bertempat tinggal atau
berdomisili tetap dalam suatu wilayah negara di sebut sebagai….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Penduduk
|
C.
|
Warga negara
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Bukan penduduk
|
D.
|
Bukan warga negara
|
|||||||||||||||||||||||
4.
|
Perhatikan unsur-unsur negara di bawah ini
1. Rakyat
2. Wilayah
3. Pemerintah yang berdaulat
4. Pengakuan dari Negara lain
Unsur pokok berdirinya sebuah Negara ditunjukan
dengan nomor….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
1 dan 2
|
C.
|
1, 2 dan 3
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
2 dan 4
|
D.
|
4
|
|||||||||||||||||||||||
5.
|
Peran serta masyarakat dalam pembelaan
negara dapat dilihat dari ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Besarnya sumbangan untuk bangsa dan negaranya
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Bersedia menjadi satgas di lingkungannya
masing-masing
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Gotong royong dalam pembangunan lingkungannya
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Siap bertempur demi bangsa dan negara
|
|||||||||||||||||||||||||
6.
|
Tujuan negara Indonesia tercantum di
dalam ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Pembukaan UUD 1945 alinea I
|
C.
|
Pembukaan UUD 1945 alinea III
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Pembukaan UUD 1945 alinea II
|
D.
|
Pembukaan UUD 1945 alinea IV
|
|||||||||||||||||||||||
7.
|
Politik luar negeri yang dijalankan oleh
negara Indonesia adalah politik luar negeri bebas aktif. Kebijakan bebas
aktif yang dianut oleh bangsa Indonesia memberi dampak positif, diantaranya
….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Indonesia dikenal dengan negara yang netral sehingga
tidak mengundang kecurigaan negara lain untuk membangun konflik
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Indonesia menjadi salah satu negara ASEAN yang
paling disegani
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Indonesia bebas mengkritik terhadap negara adidaya
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Indonesia menjadi negara yang semakin berkembang
|
|||||||||||||||||||||||||
8.
|
Norma mempunyai fungsi yang sangat
penting dalam masyarakat yaitu untuk ....
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Menegakkan keadilan
|
C.
|
Menciptakan ketertiban
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Menegakkan kebenaran
|
D.
|
Mewujudkan kebersamaan
|
|||||||||||||||||||||||
9.
|
Bacalah data berikut;
1)
pengakuan
dan perlindungan terhadap hak asasi manusia.
2)
partisipasi
rakyat dalam pemerintahan.
3)
Supremasi
hukum.
Data tersebut di atas adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
azas atau prinsip-prinsip negara demokrasi
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
ciri-ciri negara demokrasi
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Makna demokrasi
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Defenisi demokrasi
|
|||||||||||||||||||||||||
10.
|
Pendidikan kewarganegaraan dan upacara
bendera di sekolah sangat berarti bagi pembinaan….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Keadilan sosial
|
C.
|
Ketahanan nasional
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Kesejahteraan nasional
|
D.
|
Kebudayaan nasional
|
|||||||||||||||||||||||
11.
|
Yang bukan merupakan azas-azas pemilihan
umum adalah…
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Lang sung
|
C.
|
Terikat
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Umum
|
D.
|
Rahasia
|
|||||||||||||||||||||||
12.
|
Banyaknya budaya asing yang masuk ke
Indonesia, maka sikap kita yang baik adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Menerima semua budaya tersebut
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Menerima secara selektif
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Menolak semua budaya asing
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Membiarkan masuknya budaya asing
|
|||||||||||||||||||||||||
13.
|
Komponen utama dalam pertahanan dan
keamanan adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
POLRI dan Tentara Nasional Indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Setiap Warga Negara Indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
TNI dan warga negara Indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
POLRI dan Karang Taruna
|
|||||||||||||||||||||||||
14.
|
Sebagai seorang siswa, maka kita harus
mengisi kemerdekaan antara lain dengan cara…
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Membantu pelaksanaan pembangunan
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Belajar dengan rajin untuk meraih prestasi
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Menghadiri upacara-upacara kenegaraan
|
|||||||||||||||||||||||||
15.
|
Hak asasi manusia pada hakikatnya adalah
hak dasar yang dimiliki manusia ....
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Setelah melaksanakan kewajiban
|
C.
|
Setelah dewasa
|
|||||||||||||||||||||||
B.
|
Atas pemberian pemerintah
|
D.
|
Sejak lahir
|
|||||||||||||||||||||||
16.
|
Sesuatu negara dapat dikatakan sebagai negara
demokrasi, apabila negara tersebut menganut asas-asas pokok demokrasi, yaitu
....
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Kedaulatan tertinggi pada pemerintah, persetujuan
bebas mayoritas rakyat
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Kedaulatan tertinggi pada rakyat, persetujuan bebas
mayoritas rakyat
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Kelaksanaan hak sosial dan politik, pemerintah
kekuasaannya tidak terbatas
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Pendelegasian kekuasaan/pemerintah,
turun-temurun
|
|||||||||||||||||||||||||
17.
|
Perilaku menjaga keamanan dan ketertiban
dilingkungan masyarakat dapat dilakukan dengan cara….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Saling menghargai sesama anggota keluarga
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Aktif dalam kegiatan pramuka
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan karang taruna
|
|||||||||||||||||||||||||
18.
|
Setap hari senin di sekolahmu diadakan
upacara pengibaran bendera. Sikapmu yang baik adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Mengikuti upacara jika menjadi petugas upacara
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Melaksanakan upacara dengan syarat tertentu
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Mengikuti upacara dengan khidmat
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Memilih barisan belakang agar biasa bergurau
|
|||||||||||||||||||||||||
19.
|
Contoh penerapan budaya demokrasi
dilingkungan negara adalah ....
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Rakyat terlibat dalam pemilu, baik untuk memilih
wakil rakyat, ataupun memilih presiden dan wakil presiden jika sudah usia
wajib pilih
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Semua rakyat terlibat dalam penyusunan undang-undang
bersama DPR dan pejabat Negara lainnya
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Rakyat terlibat dalam pemilu dan penyusunan RAPBN
bersama badan keuangan negara lainnya
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Tidak semua rakyat bisa melakukan pengawasan
terhadap pemerintah, cukup orang yang cerdas saja
|
|||||||||||||||||||||||||
20.
|
Dalam kerangka otonomi daerah,
pengelolaan pendidikan diserahkan ke daerah otonomi. Hal ini bertujuan agar …
|
|||||||||||||||||||||||||
A.
|
Lebih berdaya guna dan berhasil guna
|
|||||||||||||||||||||||||
B.
|
Pemerataan pendidikan
|
|||||||||||||||||||||||||
C.
|
Dapat mencetak buku pelajaran sendiri
|
|||||||||||||||||||||||||
D.
|
Memungut uang lebih leluasa
|
|||||||||||||||||||||||||
21.
|
isi
dekrit Presiden 05 Juli 1959 adalah ….
|
|||||||||||||||||
A.
|
Membentuk badan konstituante
|
|||||||||||||||||
B.
|
Menetapkan berlaku kembali UUD 1945
|
|||||||||||||||||
C.
|
Berlakunya UUDS 1950
|
|||||||||||||||||
D.
|
Pembubaran MPRS dan DPAS
|
|||||||||||||||||
22.
|
Yang bukan merupakan kasus-kasus pelanggaran HAM
adalah…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Rasialisme
|
C.
|
Terorisme
|
|||||||||||||||
B.
|
Diskriminasi
|
D.
|
Toleransi
|
|||||||||||||||
23.
|
Hukum menciptakan tatanan masyarakat yang
tertib, menciptakan keseimbangan dalam masyarakat, kepentingn manusia akan
terlindungi dalam mencapai tujuannya. Hal tersebut adalah…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Makna hukum
|
C.
|
Defenisi hukum
|
|||||||||||||||
B.
|
Tujuan hukum
|
D.
|
Hukum menurut ahli
|
|||||||||||||||
24.
|
Menurut
waktu berlakunya, hukum yang berlaku sekarang
bagi suatu masyarakat tertentu dalam suatu daerah tertentu. Hukum ini
disebut…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Ius Constitutum
|
C.
|
Ius Sanguinis
|
|||||||||||||||
B.
|
Ius Constituendum
|
D.
|
Ius Soli
|
|||||||||||||||
25.
|
Negara yang merdeka dan berdaulat dimana
seluruh negara itu yang berkuasa hanyalah satu pemerintah yakni pemerintah
pusat…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Sentralisasi
|
C.
|
Demokrasi
|
|||||||||||||||
B.
|
Kesatuan
|
D.
|
Republik
|
|||||||||||||||
26.
|
Bentuk pemerintahan Indonesia adalah….
|
|||||||||||||||||
A.
|
Demokrasi
|
C.
|
Hukum
|
|||||||||||||||
B.
|
Republik
|
D.
|
Kesatuan
|
|||||||||||||||
27.
|
Hukum
Materil, yaitu hukum yang memuat peraturan-peraturan
yang mengatur
kepentingan dan hubungan-hubungan yang
berwujud perintah dan larangan-larangan.
Contoh Hukum Materil adalah…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Dagang
|
|||||||||||||||||
B.
|
Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata
|
|||||||||||||||||
C.
|
Traktat, Yurisprudensi, Kebiasaan
|
|||||||||||||||||
D.
|
Hukum Alam, Hukum Sipil, Hukum Positif
|
|||||||||||||||||
28.
|
Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat,
oleh rakyat, dan untuk rakyat. Defenisi demokrasi ini menurut ahli yang
bernama…
|
|||||||||||||||||
A.
|
John L. Esposito
|
C.
|
Charles Costello
|
|||||||||||||||
B.
|
Abraham Lincoln
|
D.
|
John F. Kennedy
|
|||||||||||||||
29.
|
Sikap yang harus ditunjukan oleh seorang
wakil rakyat ialah ....
|
|||||||||||||||||
A.
|
Berebut fasilitas mewah kepada pemerintah
|
|||||||||||||||||
B.
|
Memperjuangkan aspirasi rakyat pemilihnya atau daerah
konstituennya
|
|||||||||||||||||
C.
|
Bermusyawarah dengan menunjukkan sikap arogan jika
perlu sambil naik ke meja
|
|||||||||||||||||
D.
|
Memposisikan diri sebagai penguasa yang harus
disegani
|
|||||||||||||||||
30.
|
Hak DPR untuk mengajukan usul RUU
(rancangan undang-undang) disebut….
|
|||||||||||||||||
A.
|
Hak inisiatif
|
|||||||||||||||||
B.
|
Hak interpelasi
|
|||||||||||||||||
C.
|
Hak angket
|
|||||||||||||||||
D.
|
Hak amandemen
|
|||||||||||||||||
31.
|
Dewan perwakilan rakyat daerah,
selanjutnya di sebut DPRD, adalah badan….
|
|||||||||||||||||
A.
|
Legislatif daerah
|
C.
|
Eksekutif daerah
|
|||||||||||||||
B.
|
Yudikatif daerah
|
D.
|
Perancang daerah
|
|||||||||||||||
32.
|
Kekuasaan tertinggi di dalam negara untuk
mengatur fungsinya. Pemerintah berhak mengatur segala kepentingan rakyat
melalui berbagai lembaga negara dan perangkat lainnya, tanpa campur tangan
negara lain. Hal ini defenisi dari…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Kedaulatan keluar
|
C.
|
Kedaulatan rakyat
|
|||||||||||||||
B.
|
Kedaulatan kedalam
|
D.
|
Kedaulatan makmur
|
|||||||||||||||
33.
|
Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah
final. Artinya bahwa…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Pancasila telah menjadi kesepakatan nasional yang diterima secara
luas oleh seluruh rakyat Indonesia
|
|||||||||||||||||
B.
|
Pancasila telah menjadi kesepakatan panitia
sembilan yang diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia
|
|||||||||||||||||
C.
|
Pancasila telah menjadi kesepakatan PPKI yang
diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia
|
|||||||||||||||||
D.
|
Pancasila telah menjadi kesepakatan nasional
pejabat negara terdahulu
|
|||||||||||||||||
34.
|
Faktor penyebab
meningkatnya globalisasi yaitu ….
|
|||||||||||||||||
A.
|
Adanya politik balas
dendam
|
|||||||||||||||||
B.
|
Aliran informasi yang cepat dan
luas
|
|||||||||||||||||
C.
|
Berkembang pesatnya
perusahaan-perusahaan dalam negeri
|
|||||||||||||||||
D.
|
Antar negara tak boleh melewati batasnya
|
|||||||||||||||||
35.
|
Sikap yang tidak mencerminkan sila
persatuan Indonesia adalah…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Individualis tinggi
|
C.
|
Gotong royong
|
|||||||||||||||
B.
|
Mencintai tanah air
|
D.
|
Rela berkorban
|
|||||||||||||||
36.
|
Sikap-sikap yang
sebaiknya dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi yaitu :
|
|||||||||||||||||
A.
|
Memanjakan kualitas Sumber Daya Manusia
Indonesia
|
|||||||||||||||||
B.
|
Meningkatkan kualitas nilai-nilai
keimanan dan moralitas masyarakat
|
|||||||||||||||||
C.
|
Menolak upaya pemerintah
memperjuangkan keadilan dan keseimbangan antar bangsa
|
|||||||||||||||||
D.
|
Meningkatkan semangat memerdekakan
daerah sendiri dari negeri pertiwi
|
|||||||||||||||||
37.
|
Lembaga-lembaga Pelaksana Kedaulatan
Rakyat di Indonesia adalah seperti berikut…
|
|||||||||||||||||
A.
|
MPR, DPR, BPD
|
C.
|
MPR, DPR, DPD
|
|||||||||||||||
B.
|
BPK, DPRD, KPK
|
D.
|
MA, KY, KPAI
|
|||||||||||||||
38.
|
Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya
konflik dalam sosial masyarakat adalah…
|
|||||||||||||||||
A.
|
Perdamaian di masyarakat
|
C.
|
Keuntungan harta benda
|
|||||||||||||||
B.
|
Kebenaran nilai dan norma
|
D.
|
Perubahan kepribadian
|
|||||||||||||||
39.
|
Beberapa permasalahan akan timbul jika
masyarakat tidak aktif dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik,
diantaranya sebagai berikut :
|
|||||||||||||||||
A.
|
Muncul gejolak sosial
|
C.
|
Pembangunan tidak berjalan lancar
|
|||||||||||||||
B.
|
Demokrasi berkembang baik
|
D.
|
Keadilan sulit ditegakkan
|
|||||||||||||||
40.
|
Kepatuahn hukum Dalam kehidupan di
lingkungan bangsa dan Negara seperti berikut…
|
|||||||||||||||||
A.
|
ikut serta dalam kegiatan kerja bakti
|
C.
|
bersikap tertib ketika berlalu lintas di
jalan raya
|
|||||||||||||||
B.
|
tidak mencontek ketika sedang ulangan
|
D.
|
mematuhi perintah orang tua
|
|||||||||||||||
B. ESAI TES
41. Bagaimanakah
rumusan dasar negara dalam naskah Piagam Jakarta?
42. Apakah
tujuan negara Republik Indonesia?
43. Jelaskan
Apa yang dimaksud semboyan Bhineka Tunggal Ika!
44. Keberagaman
budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar
seperti Indonesia. Hampir semua Negara yang penduduknya heterogen termasuk
Indonesia,setiap saat dapat menimbulkan konflik yang bernuansa SARA (suku,
agama, ras, dan antargolongan).
Dengan
demikian sebagai generasi bangsa, upaya apasajakah yang dilakukan untuk
mencegah hal tersebut terjadi?
45. Carilah
satu contoh perbuatan yang mencerminkan kepatuhan terhadap sila ketiga
Pancasila dalam kehidupan. Kemudian uraikan secara singkat cara supaya kalian
dapat mewujudkan perbuatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Katorang samua Basudara