L K S
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 5
(MATA KULIAH: PENGEMBANGAN BAHAN
PEMBELAJARAN SD)
Oleh:
ARDIAN
PSKGJ – PPKHB NGADA ANGKATAN II
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2015
KATA PENGANTAR
Siswa-siswiku
tercinta, mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita
telah memiliki buku LKS Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). LKS ini disusun
secara sederhana karena pada komponen isinya bukan pada materi ajar tetapi pada
pengembangan soal-soal dan latihan.
LKS ini
disusun, untuk memudahkan pemahaman siswa-siswi sekalian terhadap PKn. Dengan
demikian kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran PKn. Peningkatan
kemampuan dalam PKn mencakup pemahaman konsep dan nilai budi pekerti. Semua ini
berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa-siswiku,
bacalah selalu tujuan pembelajaran dan kerjakan secara cermat soal-soal dan
latihan yang tercantum dalam LKS Ini. Kalian dapat belajar melalui bimbingan
gurumu, orang tuamu, atau teman-temanmu. Semoga dengan belajar yang baik, dapat
mencapai cita-citamu.
Maumbawa,.........2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
Pendahuluan
Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, Indikator Dan Tujuan
Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Lembar Kerja
Siswa
Lampiran
DAFTAR
PUSTAKA
PENDAHULUAN
Materi pembelajaran
yang akan menjadi pembahasan dalam LKS ini adalah “Negara Kesatuan Republik
Indonesia”. Bahan pembelajaran ini untuk SD kelas 5 semester
pertama. Bahan ajar ini disusun secara sederhana dilengkapi dengan
pengembangan soal-soal dan latihan agar siswa sekalian lebih mudah memahami
materi pembelajaran terkait dengan materi pembelajaran ini.
Dalam LKS
ini anda akan mendapatkan pengalaman belajar dalam bentuk teori dengan mengkaji
konsep dan contoh-contoh yang nyata.
Dengan
latihan dan contoh-contoh soal diharapkan siswa-siswi dapat memahami dan
menguasai materi pembelajaran secara mendalam.
STANDAR KOMPETENSI,
KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Ø KOMPETENSI
DASAR
1. Mendeskripsikan
pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Mendeskripsikan
keberadaan NKRI
Ø INDIKATOR
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
definisi Negara Kesatuan RepublikIndonesia
2. Mendeskripsikan batas-batas
wilayah indonesia
Ø TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah proses pembelajaran ialah siswa
diharapkan dapat:
1. Menyebutkan
batas-batas wilayah daratan Indonesia
2. Menjelaskan
pengertian Negara Kesatuan RepublikIndonesia
3. Menjelaskan
bunyi pasal 1 ayat (1) UUD 1945
4. Menyebutkan
pembagian wilayah perairan Indonesiaberdasarkan konvensi PBB tentang Hukum
Laut Internasional
5. Menyebutkan
letak wilayah NKRI
Ø MATERI PEMBELAJARAN
|
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
1. Pengertian
NKRI
Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa
Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik. Oleh
karena itu, Negara Indonesia disebut Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Bentuk Negara kesatuan ini dihubungkan dengan sila
ketiga dari pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Dalam hal ini,
Negara kesatuan dimaksudkan sebagai wadah persatuan seluruhIndonesia yang
berbentuk kepulauan dan dihuni berbagai macam suku bangsa.
Dalam UUD 1945 juga disebutkan bahwa NegaraIndonesia adalah Negara
republik. Negara republik adalah Negara dengan pemerintahan rakyat.
Pemerintahan Negara republik berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk
rakyat. Kepala Negara Republik Indonesia yang dijabat oleh presiden
dipilih secara langsung oleh rakyat malalui pemilihan umum
setiap lima tahun sekali. Oleh Karena itu, secara resmi telah
ditetapkan bahwa bentuk NegaraIndonesia adalah Negara kesatuan dengan
bentuk pemerintahan Republik.
2. Keberadaan
NKRI
Wilayah NKRI terletak diantara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat
lintang selatan dan 95 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur.
Wilayah NKRI yang luas ini terdiri dari wilayah darat, laut dan
udara.
Wilayah daratan Indonesia memiliki batas-batasnya. Batas-batas
wilayah daratan ini hanya ada di bagian utara dan dibagian timur. Di bagian
utara wilayah Indonesiaberbatasan dengan Malaysia Timur (serawak) di
pulauKalimantan, Filipina, dan Pulau. Di bagian timur, wilayah
daratan Indonesia berbatasan dengan wilayah papua nugini di pulau
papua. Selain di kedua bagian itu, di bagian selatan pun terdapat Negara timor
leste yang dahulu pernah menjadi bagian NKRI.
Berdasarkan Konvensi PBB tentang hukum Laut Internasional (Konvensi Jamaika
1982), perairan Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu laut teritorial,
batas landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif. Batas laut territorial,
yaitu 12 mil dari titik terluar sebuah pulau ke laut bebas. Berdasarkan batas
tersebut, Negara Indonesia memiliki kedaulatan atas air, bawah laut,
dasar laut, dan udara disekitarnya termasuk kekayaan di dalamnya.
LEMBAR
KERJA SISWA
Ø SOAL LATIHAN
1. Sebutkan batas-batas
wilayah daratan Indonesiadi bagian utara!
2. Jelaskan pengertian Negara Kesatuan
RepublikIndonesia!
3. Jelaskan bunyi pasal 1
ayat (1) UUD 1945!
4. Sebutkan pembagian wilayah
perairan Indonesiaberdasarkan konvensi PBB tentang Hukum Laut
Internasional!
5. Sebutkan letak wilayah NKRI!
LAMPIRAN
|
Ø KUNCI JAWABAN
1. Batas-batas wilayah
daratan Indonesia yaitu di bagian utara,
wilayah Indonesia berbatasan dengan Malaysia Timur (serawak) di pulau
Kalimantan, Filipina dan Palau.
2. Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI) adalah wadah persatuan seluruh Indonesia yang berbentuk
kepulauan dan dihuni berbagai macam suku bangsa.
3. Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 berbunyi
bahwa NegaraIndonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik.
4. Berdasarkan Konvensi PBB tentang
hukum Laut Internasional, perairan Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu
laut teritorial, batas landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif.
5. Letak
wilayah NKRI adalah diantara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang
selatan dan 95 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur.
Ø DAFTAR
PUSTAKA
Dyah
Sriwilujeng, Dra, M.Pd.2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk
SD kelas 5.
Jakarta:
esis