RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDIT Insan Kamil Kota Bima
Tahun Pelajaran : 2019-2020
Fokus Pembelajaran : PPKn,
B. Indonesia, Matematika dan SBdP
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
Sub
Tema : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 1
(Satu)
Kelas / Semester : III/1
Alokasi Waktu : 4
JP
A.
Kompetensi Inti
1.1.Menunjukkan
sikap beriman kepada Allah swt. tentang penciptaan hewan bagi kehidupan manusia
sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam;
1.2.Menunjukkan
sikap bersyukur kepada Allah swt. atas keragaman makhluk hidup yang
diciptakan-Nya bagi manusia sesuai nilai-nilaidalam Islam;
2.1.
Menunjukkan sikap peduli terhadap pertumbuhan hewan, melalui aktivitas pemberian
makanan bagi hewan peliharaan, sesuai nilai-nilai Islam;
2.2.
Menunjukkandisiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
1.4.Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa;
2.4. Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu
dalam keberagaman di lingkungan sekitar;
3.4.Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar;
4.4.menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman dil ingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan
makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku
dalam kalimat efektif.
Matematika
3.1. Menjelaskan sifat-sifat
operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.Menyelesaikan masalah yang
melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP
3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya
dekoratif.
4.1 Membuat karya dekoratif.
C. Nilai
Karakter Bangsa
Disiplin, jujur, kerjasama,
santun dan takwa
D. Indikator
PPKn
1.4.1.
Mengaitkan
makna bersatu dalam keberagaman sebagai penerapan QS. Al hujurat : 13 “wahai
manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan
seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku
agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia disisi Allah ialah orang
yang bertakwa. Sungguh Allah Maha mengetahui, Maha teliti.”
2.4.1
Menunjukkan sikap kerja sama
3.4.1
Berperilaku tolong menolong terhadap sesama
4.4.1
Mengidentifikasi praktik perilaku yang baik
Bahasa Indonesia
3.4.1. Mengaitkan
perilaku santun dalam berbicara sebagai penerapan QS. An Nahl : 125. “Serulah (manusia) kepada jalan
Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah dengan cara yang
baik”
3.4.2. Berlatih berperilaku santun dalam
berbicara
4.4.1.
Menunjukkan perilaku santun dalam berbicara
4.4.2.
Mengidentifikasi
pertumbuhan bebek.
4.4.3.
Menuliskan
tahapan pertumbuhan dan perkembangan bebek.
Matematika
3.1.1.
Mengikuti keteraturan dalam adab makan dan adab tidur
sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW
3.1.2. Mengaitkan
perilaku teratur dalam adab makan dan adab tidur dengan menauladani perilaku Rasulullah
SAW
3.1.3.
Berlatih berperilaku teratur
3.1.4.
Menunjukkan
perilaku teratur
3.1.5.
Menyelesaikan soal perkalian.
SBdP
4.1. 2 Menggambar hewan sesuai imajinasi.
E.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat memahami siklus perkembangbiakkan
bebek.
2.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri
hewan secara tepat.
3.
Setelah mendengarkan
bacaan, siswa dapat meneladani
perilaku positif dari bebek sebagai motivasi hidup.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggambar jenis hewan yang
berada di lingkungan sekitarnya
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil
kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
F. Materi
Pembelajaran
-
PPKn
Bersatu dalam
keberagaman
-
Bahasa Indonesia
Pertumbuhan
mahluk hidup
-
Matematika
perkalian
-
SBdP
Menggambar
hewan
G. Model dan Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
kerja kelompok, percobaan, pengamatan dan penugasan
H. Media,Alat, Bahan dan Sumber Belajar
• Gambar tahapan perkembangan bebek.
• Contoh gambar dekoratif yang ada, misalnya mewarnai
bentuk dan gambar hewan.
• Buku teks siswa dan guru.
§ Buku
SiswaTematik terpadu JSIT Tema 1 Pertumbuhan
dan perkembangan mahluk hidup.kurikulum 2013
§ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
I.
Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Persiapan
·
Guru membuka pelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa
·
Guru mengecek kehadiran dan
shalat peserta didik
2.
Motivasi
/ Ambak
·
Peserta didik dan guru meneriakkan
yel-yel kelas
·
Guru menjelaskan kegiatan yang
akan dilaksanakan.
·
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin
dicapai.
3.
Apersepsi
/ Alpha zone – scene setting
·
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang subtema sebelumnya..
|
5
menit
5
menit
5
menit
|
Inti
|
Bahasa Indonesia
a. Telaah
·
Siswa
mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan bebek.
·
Siswa
membaca teks secara bergantian.
·
Siswa
berdiskusi tentang pengalaman dan pengetahuan tentang pertumbuhan dan
perkembangan bebek.
·
Jika
memungkinkan ajak langsung ke tempat peternakan bebek atau mengamati bebek
dewasa dan anak bebek secara langsung.
·
Minta
siswa mengamati berbagai persamaan dan perbedaan. Berikan kesempatan siswa
untuk menyentuh telur, anak, dan bebek dewasa.
b. Eksplorasi
·
Siswa
diminta untuk menuliskan beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri yang hampir
sama dengan bebek misalnya badannya berbulu, memiliki paruh, memiliki sayap,
kakinya dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
·
Yang
memiliki kesamaan dengan bebek diantaranya adalah bebek dan burung. Semua itu
termasuk kedalam kelompok unggas.
·
Siswa
menuliskan tahapan perkembangan bebek sesuai gambar yang diamatinya.
·
Hal
yang mempengaruhi pertumbuhan bebek adalah makanan, minuman, dan suhu udara.
Karena bebek tidak tahan hidup di cuaca yang dingin apalagi sering hujan.
c. Rumuskan
·
Bagi
siswa yang pernah melihat perkembangan bebek dapat menceritakan pengalamannya.
·
Siswa
saling mengajukan pertanyaan tentang cerita yang disampaikan.
d. Presentasikan
·
Perwakilan
peserta didik maju ke depan menyampaikan hasil pekerjaaannya
e. Aplikasikan
·
Peserta
didik membuat pertanyaan, lalu dijawab oleh temannya
Matematika
a. Telaah
·
Siswa
mengingat kembali mengenai cara menyelesaikan soal-soal perkalian.
b. Eksplorasi
·
Siswa
diajak untuk berpikir bahwa penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama di
sebut perkalian.
·
Contoh
soal: Udin memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan Udin adalah 2 bebek
betina dan 2 bebek jantan. Kedua bebek betina peliharaan Udin bertelur
masing-masing 10 butir. Setelah beberapa hari telur menentas menjadi anak bebek.
Udin menyimpan anaknya pada dua kandang yang berbeda.
c. Rumuskan
·
siswa menyelesaikan latihan soal perkalian
d. Presentasikan
·
Peserta
didik mengerjakan LKS (terlampir)
· Peserta didik membahas hasil
pekerjaannya
e. Aplikasikan
·
Peserta
didik menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan perkalian
yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari
SBK
a. Telaah
· Siswa mengamati gambar
dekoratif hewan
b. Eksplorasi
·
Sebelum
siswa berlatih menggambar dekoratif dengan tema bebek dan induk bebek, siswa
berlatih membuat garis lengkung dan zigzag terlebih dahulu dengan cara
menebalkan garis.
c. Rumuskan
·
Siswa
berlatih menggambar induk dan anak bebek.
·
Siswa
mewarnai gambar hasil karyanya..
d. Presentasikan
·
Siswa
memperlihatkan hasil karyanya dengan bangga
|
10 menit
20 menit
5 menit
10 menit
10 menit
15 menit
10 menit
30 menit
|
Penutup
|
Bahasa Indonesia
·
Kesimpulan
·
Tindak lanjut
Duniawi
Penugasan
kepada peserta
didik untuk mengamati
perkembangan mahluk hidup di sekitar lingkungannya
Ukhrowi
Peserta
didik diingatkan bahwa Allah
telah menyempurnakan segala penciptaannya, agar manusia bersyukur. Q.S al-Mu’minun
: 21 yang artinya”Sungguh pada
hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu
dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak
manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan.”
Matematika
·
Kesimpulan
·
Tindak lanjut
Duniawi
·
Peserta didik diajak untuk melihat bahwa nama dan bilangan cacah adalah sebuah ciri dan keteraturan. Dan dunia ini Allah ciptakan
dengan keteraturan. Maka
marilah kita hidup dengan keteraturan. Teratur shalat, teratur makan, teratur
tidur dan bangun pagi, dll.
·
Penugasan :
Ukhrowi
·
Teratur dalam hidup mengikuti sunnah Rosul: makan
sebelum lapar berhenti makan sebelum kenyang, memperhatikan waktu shalat,
tidur tidak terlalu larut dan bangun sebelum subuh. Mengikuti sunnah Rasul adalah bentuk cinta
kita kepada Rasulullah dan bernilai ibadah.
SBdP
Duniawi
·
Peserta didik di ajak untuk mensyukuri
semua ciptaan Allah, dengan cara merawat dan mencintai semua yang kita
miliki.
Ukhrowi
·
Mensyukuri segala yang Allah berikan
adalah bentuk ketaatan dan cinta kita kepada Allah sang maha Pencipta.
|
15 menit
|
J.
Penilaian Pembelajaran
1.Penilaian
No
|
Aspek
|
Metode/Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Tes Praktik
observasi
|
Skala Penilaian
Tabel observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes tulis
|
Isian
|
3
|
Keterampilan
|
Tes Praktik
|
Menulis
|
2. Instrumen Penilaian/Rubrik Penilaian dan Pedoman
Penskoran
Soal Matematika skor tiap soal 2, maka 15 x 2
= 30
Untuk penilaian KI 1 dan 2 terlampir
Mengetahui
Kepala SDIT Insan Kamil,
( ......................................... )
NIY ..................................
|
|
Kota Bima 13 Juli 2019
Guru Kelas III A
( ........................................ )
NIY ..................................
|
LKS 1:
Amatilah
gambar berikut:
|
|
|
|
Setelah
Mengamati gambar, kemudian jawab pertanyaan berikut ini
1. Mengapa bebek dapat tumbuh menjadi
besar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
2. Tuliskan ciri-ciri bebek yang kalian
amati dari gambar!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
3. Perilaku apa yang dapat kamu contoh
dari bebek? Tuliskan contohnya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
LKS 2:
Mengidentifikasi
ciri-ciri anggota keluarga
Mengisi
format tabel berikut sesuai ciri-ciri yang dimiliki anggota keluarga Anda
Anggota Keluarga
|
Rambut
|
Warna kulit
|
Bentuk mata
|
Wajah
|
Ayah
|
|
|
|
|
Ibu
|
|
|
|
|
Kakak
|
|
|
|
|
Aku
|
|
|
|
|
Adik
|
|
|
|
|
LKS 3:
Tuliskanlah
siklus perkembangan bebek dalam tabel siklus berikut
LKS
4:
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
LKS
5: