Minggu, 21 Juli 2019

RPP Tematik Kelas 3 SD IT IK K-13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :    SDIT Insan Kamil Kota Bima
Tahun Pelajaran        :    2019-2020
Fokus Pembelajaran :    PPKn, B. Indonesia, Matematika dan SBdP
Tema                         :    Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
Sub Tema                 :   Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran            :    1 (Satu)
Kelas / Semester       :    III/1
Alokasi Waktu         :    4 JP

A.    Kompetensi Inti
1.1.Menunjukkan sikap beriman kepada Allah swt. tentang penciptaan hewan bagi kehidupan manusia sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam;
1.2.Menunjukkan sikap bersyukur kepada Allah swt. atas keragaman makhluk hidup yang diciptakan-Nya bagi manusia sesuai nilai-nilaidalam Islam;
2.1. Menunjukkan sikap peduli terhadap pertumbuhan hewan, melalui aktivitas pemberian makanan bagi hewan peliharaan, sesuai nilai-nilai Islam;
2.2. Menunjukkandisiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
PPKn
1.4.Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa;
2.4. Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam  keberagaman di lingkungan sekitar;
3.4.Memahami makna bersatu dalam  keberagaman di lingkungan sekitar;
4.4.menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam  keberagaman dil ingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
3.4  Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.4  Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika
3.1. Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP
3.1  Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
4.1  Membuat karya dekoratif.
C.     Nilai Karakter Bangsa
Disiplin, jujur, kerjasama, santun dan takwa
D.     Indikator
PPKn
1.4.1.      Mengaitkan makna bersatu dalam keberagaman sebagai penerapan QS. Al hujurat : 13 “wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia disisi Allah ialah orang yang bertakwa. Sungguh Allah Maha mengetahui, Maha teliti.”
2.4.1  Menunjukkan sikap kerja sama
3.4.1   Berperilaku tolong menolong terhadap sesama
4.4.1  Mengidentifikasi praktik perilaku yang baik

Bahasa Indonesia
3.4.1.      Mengaitkan perilaku santun dalam berbicara sebagai penerapan QS. An Nahl : 125. “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah dengan cara yang baik”
3.4.2.                  Berlatih berperilaku santun dalam berbicara
4.4.1.      Menunjukkan perilaku santun dalam berbicara
4.4.2.                  Mengidentifikasi pertumbuhan bebek.
4.4.3.                  Menuliskan tahapan pertumbuhan dan  perkembangan bebek.
Matematika
3.1.1.      Mengikuti keteraturan dalam adab makan dan adab tidur sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW
3.1.2.      Mengaitkan perilaku teratur dalam adab makan dan adab tidur dengan menauladani perilaku Rasulullah SAW
3.1.3.      Berlatih berperilaku teratur
3.1.4.                  Menunjukkan perilaku teratur
3.1.5.      Menyelesaikan soal perkalian.
SBdP
4.1. 2  Menggambar hewan sesuai imajinasi.

E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat memahami siklus perkembangbiakkan bebek.
2.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri hewan secara tepat.
3.      Setelah mendengarkan bacaan, siswa dapat meneladani perilaku positif dari bebek sebagai motivasi hidup.
4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggambar jenis hewan yang berada di lingkungan sekitarnya
5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar.
6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

F.      Materi Pembelajaran    
-     PPKn
Bersatu dalam keberagaman
-     Bahasa Indonesia
Pertumbuhan mahluk hidup
-       Matematika
perkalian
-       SBdP
Menggambar hewan

G.    Model dan Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, percobaan, pengamatan dan penugasan
H.    Media,Alat, Bahan dan Sumber Belajar
• Gambar tahapan perkembangan bebek.
• Contoh gambar dekoratif yang ada, misalnya mewarnai bentuk dan gambar hewan.
• Buku teks siswa dan guru.
§  Buku  SiswaTematik terpadu JSIT Tema 1 Pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup.kurikulum 2013
§  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
I.       Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Persiapan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan  salam dan berdoa
·         Guru mengecek kehadiran dan shalat peserta didik

2.      Motivasi / Ambak
·         Peserta didik dan guru meneriakkan yel-yel kelas
·         Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
·         Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
3.      Apersepsi / Alpha zone – scene setting
·         Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang subtema sebelumnya..
5 menit






5 menit










5 menit
Inti
Bahasa Indonesia
a. Telaah
·   Siswa mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan bebek.
·   Siswa membaca teks secara bergantian.
·   Siswa berdiskusi tentang pengalaman dan pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan bebek.
·   Jika memungkinkan ajak langsung ke tempat peternakan bebek atau mengamati bebek dewasa dan anak bebek secara langsung.
·   Minta siswa mengamati berbagai persamaan dan perbedaan. Berikan kesempatan siswa untuk menyentuh telur, anak, dan bebek dewasa.
b.  Eksplorasi
·   Siswa diminta untuk menuliskan beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan bebek misalnya badannya berbulu, memiliki paruh, memiliki sayap, kakinya dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
·   Yang memiliki kesamaan dengan bebek diantaranya adalah bebek dan burung. Semua itu termasuk kedalam kelompok unggas.
·   Siswa menuliskan tahapan perkembangan bebek sesuai gambar yang diamatinya.
·   Hal yang mempengaruhi pertumbuhan bebek adalah makanan, minuman, dan suhu udara. Karena bebek tidak tahan hidup di cuaca yang dingin apalagi sering hujan.

c. Rumuskan
·   Bagi siswa yang pernah melihat perkembangan bebek dapat menceritakan pengalamannya.  
·   Siswa saling mengajukan pertanyaan tentang cerita yang disampaikan.
d. Presentasikan
·   Perwakilan peserta didik maju ke depan menyampaikan hasil pekerjaaannya


e. Aplikasikan
·   Peserta didik membuat pertanyaan, lalu dijawab oleh temannya

Matematika
a. Telaah
·   Siswa mengingat kembali mengenai cara menyelesaikan soal-soal perkalian.
b.  Eksplorasi
·   Siswa diajak untuk berpikir bahwa penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama di sebut perkalian.
·   Contoh soal: Udin memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan Udin adalah 2 bebek betina dan 2 bebek jantan. Kedua bebek betina peliharaan Udin bertelur masing-masing 10 butir. Setelah beberapa hari telur menentas menjadi anak bebek. Udin menyimpan anaknya pada dua kandang yang berbeda.
c. Rumuskan
·   siswa menyelesaikan latihan soal perkalian

d. Presentasikan
·   Peserta didik mengerjakan LKS (terlampir)
·   Peserta didik membahas hasil pekerjaannya

e. Aplikasikan
·   Peserta didik menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perkalian  yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari

SBK
a. Telaah
·   Siswa mengamati gambar dekoratif hewan
b.  Eksplorasi
·   Sebelum siswa berlatih menggambar dekoratif dengan tema bebek dan induk bebek, siswa berlatih membuat garis lengkung dan zigzag terlebih dahulu dengan cara menebalkan garis.
c. Rumuskan
·   Siswa berlatih menggambar induk dan anak bebek.
·   Siswa mewarnai gambar hasil karyanya..
d. Presentasikan
·   Siswa memperlihatkan hasil karyanya dengan bangga

10 menit













20 menit


















5 menit







10 menit







10 menit







15 menit















10 menit









30 menit

Penutup
Bahasa Indonesia
·         Kesimpulan
·         Tindak lanjut
Duniawi
Penugasan kepada peserta didik untuk mengamati perkembangan mahluk hidup di sekitar lingkungannya
Ukhrowi
Peserta didik diingatkan bahwa Allah telah menyempurnakan segala penciptaannya, agar manusia bersyukur. Q.S al-Mu’minun : 21 yang artinya”Sungguh pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan.”
Matematika
·         Kesimpulan
·         Tindak lanjut

Duniawi
·   Peserta didik diajak untuk melihat bahwa nama dan bilangan cacah  adalah sebuah ciri dan  keteraturan. Dan dunia ini Allah ciptakan dengan keteraturan.  Maka marilah kita hidup dengan keteraturan. Teratur shalat, teratur makan, teratur tidur dan bangun pagi, dll.
·   Penugasan :
Ukhrowi
·   Teratur dalam hidup mengikuti sunnah Rosul: makan sebelum lapar berhenti makan sebelum kenyang, memperhatikan waktu shalat, tidur tidak terlalu larut dan bangun sebelum subuh.  Mengikuti sunnah Rasul adalah bentuk cinta kita kepada Rasulullah dan bernilai ibadah.

SBdP
Duniawi
·   Peserta didik di ajak untuk mensyukuri semua ciptaan Allah, dengan cara merawat dan mencintai semua yang kita miliki.

Ukhrowi
·   Mensyukuri segala yang Allah berikan adalah bentuk ketaatan dan cinta kita kepada Allah sang maha Pencipta.


15 menit


J. Penilaian Pembelajaran   
         1.Penilaian
No
Aspek
Metode/Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Tes Praktik
observasi
Skala Penilaian
Tabel observasi
2
Pengetahuan
Tes tulis
Isian
3
Keterampilan
Tes Praktik
Menulis
2. Instrumen Penilaian/Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
 Soal Matematika skor tiap soal 2, maka 15 x 2 = 30
    Untuk penilaian KI 1 dan 2 terlampir


Mengetahui
Kepala SDIT Insan Kamil,



( ......................................... )
NIY ..................................


Kota Bima 13 Juli 2019
Guru Kelas III A



( ........................................ )
NIY ..................................













LKS 1:
Amatilah gambar berikut:
Gambar 1 (satu)
 
Gambar 2 (dua)
 
 

Gambar 3 (tiga)
 
 
Gambar 4 (empat)
 
 


Setelah Mengamati gambar, kemudian jawab pertanyaan berikut ini
1.    Mengapa bebek dapat tumbuh menjadi besar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.    Tuliskan ciri-ciri bebek yang kalian amati dari gambar!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
3.    Perilaku apa yang dapat kamu contoh dari bebek? Tuliskan contohnya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

LKS 2:
Mengidentifikasi ciri-ciri anggota keluarga
Mengisi format tabel berikut sesuai ciri-ciri yang dimiliki anggota keluarga Anda

Anggota Keluarga
Rambut
Warna kulit
Bentuk mata
Wajah
Ayah




Ibu




Kakak




Aku




Adik










LKS 3:
Tuliskanlah siklus perkembangan bebek dalam tabel siklus berikut


Rounded Rectangle: ................................................................................................
 
































LKS 4:
No
Nama Hewan
Ciri-ciri
1.






2.






3.







LKS 5: